Table Manner ala Belitung

Tradisi yang unik seputar tata laku saat makan khas Bangka Belitung
Pariwisata Indonesia
foto: negerilaskarpelangi.com

PariwisataIndonesia.id – Bicara tentang kelezatan hidangan suatu daerah memang sungguh mengasyikkan, terlebih jika sudah membahas detail citarasanya yang khas. Selain makanannya yang penuh kenikmatan, Indonesia juga terkenal dengan adabnya yang kental. Norma-norma ketimuran terlihat dari tindak-tanduk masyarakat Indonesia, mulai dari tata pakaian, tata bahasa, hingga tata laku saat makan.Pariwisata Indonesia

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Pulau Belitung, terdapat sebuah tradisi yang unik seputar tata laku saat makan. Tradisi ini bernama makan bedulang.

Makan bedulang adalah sebuah tradisi tata cara makan di Pulau Belitung. Cara makan seperti ini biasanya dilakukan pada acara besar, seperti jamuan makan kedaerahan, lebaran hingga hajatan warga.

Makan bedulang berasal dari makanaan yang di hidangkan di atas dulang besi. Makanan yang disajikan haruslah lengkap, mulai dari kuah, daging rempah, sambal, lalapan sampai rebusan atau kukusan. Dalam satu dulang biasanya hanya diisi oleh empat sampai enam orang. Prosesi makan harus dimulai dengan orang yang usia paling muda mengambil nasi ke piring-piring orang yang lebih tua, setelah nasi terisi, dilanjutkan dengan masing-masing orang mengambil lauk pauk dimulai dari orang tertua.Pariwisata Indonesia

Orang yang usianya muda, tidak boleh makan sebelum dimulai orang yang usia lebih tua. Setelah semuanya selesai makan, lagi-lagi orang yang usianya lebih tua harus mengawali mencuci tangan dan mengelap tangan.

Prosesi tadi sebenarnya bertujuan untuk menghormati orang yang usianya lebih tua atau bisa disebut perilaku yang beradab.