Ssst! Ada Bisik-bisik di Bromo

Pariwisata Indonesia Tawarkan Wisata Pasir Berbisik
Pariwisata Indonesia
Pasir Berbisik, Destinasi Pariwisata Indonesia ini berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Sumber : ihsantravel.com)

Halo, Gaes!

Salah satu kegiatan Pariwisata Indonesia adalah wisata ke gunung, emang enggak jauh-jauh dari menikmati bintang-bintang di langit malam atau fenomena matahari terbit di keesokannya. Nah! Buat lo yang pengen nyari pengalaman berbeda saat di gunung, gue punya rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi.

Namanya Pasir Berbisik. Destinasi Pariwisata Indonesia ini berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Lokasi ini berada sekitar 45 kilometer dari Pusat Kota Probolinggo.

Pada mulanya, Pasir Berisik adalah lautan pasir atau dalam bahasa lokal disebut segara wedi. Tempat ini terbentuk akibat letusan gunung purba yang diperkirakan terjadi sekitar seratus juta tahun lalu. Erupsi yang menyemburkan pasir vulkanik tersebut menutupi kaldera (lubang besar yang terbentuk setelah pengosongan dapur magma) kuno yang akhirnya membentuk kawasan Pasir Berbisik.

Lo tidak akan menemukan banyak vegetasi di area seluas 10 kilometer persegi ini. Sejauh mata memandang, yang ada hanya hamparan pasir seperti di gurun. Bedanya, warna pasir di sini bukan kuning, melainkan hitam. Eksotis banget, kan?

Selain warnanya yang unik, lautan pasir ini juga dikelilingi tebing-tebing tinggi menjulang yang seakan-akan menjadi benteng yang melindungi kawasan pasir. Mengambil gambar di sini pasti bakal menciptakan efek fotografi yang kece badai!

Karena berupa lautan pasir, lo hanya bisa mencapai lautan pasir ini dengan kendaraan khusus. Ada banyak penyewaan mobil jeep yang bisa lo pilih untuk mengantar ke lokasi ini. Selain itu, ada juga travel agen yang tidak hanya memberi jasa sewa jeep tapi juga lengkap dengan itinerary dan pemandu selama mengeksplore Bromo.

Selain mobil jeep, motor juga bisa digunakan untuk membelah lautan pasir ini. Tapi tentu saja lo harus memilih motor yang sesuai dan bisa digunakan di kawasan berpasir ini.

Berkuda di lautan pasir menjadi salah satu pilihan yang lebih unik lagi. Kesan eksentrik juga sensasi yang berbeda akan membuat liburan lo ke kawasan Pasir Berbisik semakin mengesankan. Tenang aja, Gaes! Pawang kuda akan membimbing dan menemani perjalanan lo di kawasan ini.

Oh iya, nama Pasir Berbisik sebenernya baru disematkan untuk area lautan pasir ini sejak tahun 2001, tepatnya setelah ada salah satu film Indonesia yang mengambil lokasi syuting di sini. Film yang disutradarai Garin Nugroho dan dibintangi oleh Dian Sastro dan Christine Hakim membuat kawasan ini semakin populer. Masyarakat pun menamai lautan pasir ini sesuai dengan judul film tersebut.

Penamaan itu bukan tanpa sebab, loh. Di kawasan pasir tersebut kerap terdengar suara angin dengan nada indah yang seakan-akan sedang berbisik. Ditambah lagi dengan kabut yang menyelimutinya dan seakan-akan sedang menari ketika terhembus angin. Terkesan mistis dan eksotis.

Untuk menyaksikan fenomena-fenomena tersebut, tentu ada syaratnya. Di malam hari sebelumnya, hujan harus turun di lautan pasir Bromo. Air hujan yang meresap ke dalam pasir akan bertahan semalaman.

Keesokan paginya, sinar matahari akan menguapkan air yang terjebak tersebut dan mengubahnya menjadi uap air. Tapi udara dingin Bromo akan mengubah uap air tersebut menjadi kabut yang terjebak di atas lautan pasir. Semakin banyak hujan yang terjadi pada malam harinya, semakin banyak pula kabut yang akan dihasilkan keesokannya.

Angin yang berhembus kencang akan membuat kumpulan kabut itu seperti menari-nari di atas lautan pasir. Sementara hembusan angin yang kencang akan menghasilkan suara seperti bisikan. Sesuai dengan nama Pasir Berbisik, bukan?

Bukan hanya wisatawan lokal yang penasaran dengan spot pariwisata yang satu ini. Wisatawan asing pun menjadikan Pasir Berbisik sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di kawasan Bromo.

Oh ya, Gaes, karena berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, suhu di kawasan ini cukup dingin. So, jangan lupa menyiapkan jaket. Kacamata dan sunblock juga perlu lo sediakan untuk melindungi dari sinar matahari.

Simak video Lautan Pasir Berbisik di kawasan Gunung Bromo di YouTube Channel NET LIFESTYLE:

Gimana, Gaes? Penasaran dengan destinasi Pariwisata Indonesia yang satu ini? Yuk, segera jadwalin liburan lo ke Bromo dan dengarkan bisik-bisik dari Pasir Berbisik. (Anita)

Pewarta:  Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022