TANGKAHAN, The Hidden Paradise untuk Pecinta Alam

Pariwisata Indonesia, Tangkahan, Yuk wisata alam ke Tangkahan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara, Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara, Tangkahan adalah salah satu obyek ekowisata yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara, TANGKAHAN merupakan The Hidden Paradise bagi Pecinta Alam, Pariwisata di Sumatera Utara, Pariwisata di Medan, Media PVK Grup, Pariwisata Indonesia 2022
Tangkahan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, menawarkan wisata alam sambil mandiin gajah dan bertubing ria. (Foto: Dokumen Pribadi)

PariwisataIndonesia.id – Halo, Para Pecinta Alam! Sudah pernah ke Tangkahan belum? Kalo belum, mending segera lo jadwalin trip ke sini, deh.

Tangkahan adalah salah satu obyek ekowisata yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung (TNG) Leuser, Sumatera Utara. TNG Leuser sendiri merupakan salah satu kawasan dengan keanekaragaman hayati yang tinggi.

Di taman nasional ini tinggal spesies-spesies penting, seperti harimau sumatera, gajah sumatera, orang utan sumatera, dan badak sumatera. Ada juga tanaman langka seperti rafflesia atjehensis dan durian hutan.

Balik lagi ke Tangkahan. Menurut gue, obyek wisata alam ini super duper keren, karena berisi paket lengkap untuk para pecinta alam.

Buat yang suka trekking, lo bisa nyoba kegiatan itu di Tangkahan. Lo tinggal pilih mau soft trekking atau hard trekking dengan medan yang lebih menantang. Pokoknya, recommended banget buat lo yang suka petualangan alam.

Tangkahan juga memiliki banyak spot air terjun. Dimulai dari air terjun yang kecil dan bertingkat-tingkat sampai yang disekeliling lokasi air terjunnya yang terdapat tebing curam dan kokoh juga ada, loh!

Lokasi-lokasi itu, emang cocok banget dijadikan buat hunting spot foto favorit. Sesampainya di tempat-tempat ini, jangan lupa untuk selfie, Gaes!

Air jernih dan berwarna kehijauan di sungai-sungai Tangkahan, pasti bikin lo pengen nyebur. Arusnya juga bermacam-macam, ada yang deras dan ada yang agak tenang.

Uniknya, Tangkahan punya dua jenis air, yang bersuhu dingin dan yang berasal dari sumber air panas. Cobain berendam di keduanya, ya.

Ada juga aktivitas memicu adrenalin yang bisa lo cobain, seperti river tubing atau menyusuri sungai menggunakan ban karet. Tenang aja, pihak pengelola udah nyiapin perlengkapannya kok, sekaligus siap nemenin lo ber-tubingria.

Kalo lo lebih suka suasana yang tenang, danau di Tangkahan bisa jadi pilihan. Menikmati air danau yang biru kehijauan di tengah rerimbunan pohon sambil mendengarkan suara-suara hewan, dijamin bisa bikin pikiran lo rileks.

Kegiatan yang juga jangan sampai dilewatkan saat di Tangkahan adalah berkunjung ke penangkaran gajah.

Pasalnya, nih Gaes! Tangkahan emang terkenal dengan gajahnya. Wajar aja kalo ada anggapan yang menyebutkan, tatkala ke Tangkahan tapi tidak ngeliat gajah, maka terasa akan ada yang kurang. Kaya makan semangkuk bakso, tapi enggak pake bakso. Enggak lengkap, kan?

Selain ngeliat gajah, lo juga berkesempatan mandiin hewan-hewan besar ini, loh! Bahkan jika memungkinkan, lo boleh naik dipunggungnya dan menyusuri hutan hujan tropis. Enggak perlu takut karena ada pawang gajah yang bakal nemenin lo. Selain itu, gajah-gajah di Tangkahan sudah jinak dan terlatih, kok.

Spot menarik lainnya adalah jembatan gantung Tangkahan. Selain indah, jembatan ini terkenal banget karena pernah dijadikan sebagai lokasi syuting salah satu video klip penyanyi papan atas Indonesia.

Saat melewati jembatan ini, jangan lupa bikin video ala-ala Nicholas Saputra dan Velove Vexia, ya. Dijamin, teman-teman lu bakal envy abis.

Waktu seharian dijamin enggak bakal cukup buat bertualang di tempat yang dijuluki sebagai The Hidden Paradise ini. Makanya, penginapan dan homestay dengan berbagai pilihan harga, udah disediain di sini. Lo juga bakal ngerasain sensasi nginep di tengah hutan dan mendengar nyanyian hewan-hewan di malam hari. Seru, kan?

Nah, buat lo yang enggak mau ribet masak saat liburan, di kawasan ini banyak tersedia warung-warung makan dengan berbagai menu pillihan.

Gimana, Gaes? Tangkahan lengkap banget, kan? So, jangan tunggu lama-lama. Segera bikin perencanaan buat liburan ke Tangkahan bareng teman-teman! (Anita)

Pewarta: Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022

× Hubungi kami