Wahana Rekreasi Keluarga di Pulau Kumala Kutai Kartanegara

Pulau Kumala, Tenggarong, Kutai Kartanegara. Sumber Foto : Tribunwiki

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Calon Ibu Kota Indonesia yang baru yakni Kutai Kartanegara memiliki destinasi wisata yang menawan para wisatawan Gaaees, baik wisatawan nusantara dan mancanegara

Berada di Tenggarong, Kalimantan Timur, ibu kota Kutai Kartanegara, merupakan delta yang menyerupai sebuah pulau di tengah aliran Sungai Mahakam. Dengan luas mencapai 81 hektare, pulau ini kemudian dimanfaatkan pemerintah setempat sebagai tempat rekreasi yang unik dan menarik.

Layaknya kawasan Dunia Fantasi atau Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Pulau Kumala menawarkan berbagai wahana unik yang bisa dinikmati bareng keluarga. Tentu saja dengan sentuhan kebudayaan khas Kalimantan Timur.

Pulau Kumala. Adat budaya khas Kalimantan Timur. Sumber Foto : nativeindonesia.com

Diresmikan pada 2002 lalu, Pulau Kumala memiliki 10 wahana permainan yang seru buat dinikmati. Seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta api mini untuk menglilingi pulau dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Planetarium (Sky Tower) dengan ketinggian 75 meter.

Gak cuma itu ya Gaaees, Pulau Kumala juga memiliki akuarium raksasa yang menjadi habibat bagi beberapa spesies langka. Salah satunya ikan pesut, Orcaella Brevirostris, yang cuma ada di Sungai Irawady, Brazil.

Soal koleksi spot kebudayaan, Pulau Kumala memiliki deretan lamin, rumah khas suku Dayak serta bangunan candi bernama Pura Pasak Pulau yang merupakan salah satu tempat ibadah penganut agama Hindu di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kamu juga dapat melihat patung Lembu Swana di ujung pulau, menghadap ke arah jembatan Kutai Kartanegara yang megah.

#PariwisataIndonesia #CintaIndonesia