3 Kuliner Khas Palembang yang Berbahan Dasar Ikan

Berbicara soal kuliner berbahan dasar ikan, Palembang memang juaranya. Mulai dari yang berkuah, dengan cuko, sampai dipanggang, semuanya dapat dijumpai di tempat ini. Bahkan kota tertua di Indonesia ini punya ikon Tugu Ikan Belida yang terpampang di tepi Sungai Musi.

Tidak heran kalau makanan berbahan dasar ikan akan banyak dijumpai di Palembang. Tentunya untuk rasanya, dijamin pasti membuat lidah jatuh cinta. Kira-kira kuliner ikan apa saja yang sangat nikmat dari Palembang, berikut rangkuman dari berbagai sumber:

1. Pempek

Seperi yang diketahui, Palembang dijuluki sebagai kota pempek. Bagaimana tidak, berbagai macam pempek dapat ditemukan di kota ini, seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk penyajiannya, pempek biasa ditemani cuko, kuah berwarna hitam atau cokelat gelap dengan paduan rasa pedas, manis, dan asam. Semua dibuat dengan adonan berbahan dasar tepung sagu dan ikan. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan belida, ikan tenggiri, ikan gabus dan ikan kakap merah.

2. Tekwan

Berbeda dengan pempek, tekwan tidak disajikan dengan cuko, melainkan kuah kaldu udang. Kuah tekwan berwarna bening sedikit pekat dengan rasa gurih. Sering kali tekwan dicampur dengan jamur kuping, ceker, dan bihun. Tidak hanya soal kuah, bentuk pempek dan tekwan juga berbeda.

3. Model

Makanan ini memang namanya layaknya sebuah profesi. Padahal makanan ini sangat nikmat, sama halnya tekwan. Bagaimana tidak, perbedaan antara kedua jenis makanan ini hanya pada bentuknya saja. Model berukuran lebih besar, seperti pempek.

Sedangkan tekwan lebih kecil, seperti bakso. Untuk penyajiannya pun sama, yakni disiram kuah kaldu udang atau ikan, kemudian diberi bihun, jamur, kuping, dan ceker. Tentunya makanan ini sayang sekali kalau sampai dilewatkan.

× Hubungi kami