3 Makanan Khas Bengkulu yang Paling Nikmat

Provinsi Bengkulu tidak hanya mempunyai bunga legendari Rafflesia Arnoldi saja atau bangunan-bangunan bersejarah, salah satunya benteng peninggalan Inggris.

Tetapi provinsi Bengkulu juga memiliki kuliner khas yang akan membuat lidah wisatawan bergoyang saat menyantapnya.  Berikut rekomendasi kuliner khas dari Bengkulu yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Gulai Kemba’ang

Masakan gulai memang menjadi salah satu masakan lezat yang ada di Indonesia, tak terkecuali dengan Gulai Kemba’ang. Di Bengkulu, gule yang satu ini dibuat dari bahan utama yang menggunakan iga sapi atau daging sapi dan pastinya disajikan dengan kuah khas gulai yang kental.

Gulai Kembaang sangat memiliki citarasa yang lezat, jadi wisatawan jangan heran jika masyarakat Bengkulu seringkali menjadikan masakan Gulai kemba’ang sebagai makanan utama saat ada acara tertentu, apalagi di saat Bulan Ramadan.

2. Bagar Hiu

Memang daging hiu belum terlalu terkenal di Indonesia tetapi bagi masyarakat Bengkulu daging ikan hiu diolah untuk dijadikan maknanan berkuah kental. Bagar Hiu berbeda dengan daging ikan hiu lainnya, dagingnya tidak begitu amis, karena masyaraka Bengkulu menggunakan daging dari ikan hiu jenis punai.

Bagar Hiu mempunyai cita rasa yang unik dengan rasa khas rempah yang menggugah selera, bumbu yang kaya rempah serta rasa pedas dan gurih bersatu dengan daging dari ikan hiu sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat.

3. Pendap

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang sudah ada sejak zaman dahulu, bahan untuk membuat Pendap sendiri terbuat dari beberapa ikan, untuk bumbunya menggunakan beberapa bahan kencur, bawang putih, cabai, dan juga kelapa muda.

Untuk porses pembuatannya Pendap terbilang mudah, semua bumbunya dicampur dengan ikan, lalu dibungkus dengan daun talas, fungsi dari daun talas sendiri adalah untuk menambah aroma pada Pendap. Untuk membuat Pendam dibutuhkan waktu yang cukup lama yaitu direbus hingga waktu kurang lebih 8 jam.

× Hubungi kami