Bubur Pedas khas Kalimantan Barat

Bubur Pedas,Kalimantan Barat

Kenali semua kebudayaan di Indonesia dengan terus membaca situs www.pariwisataindonesia.id. Redaksi mengulasnya mulai dari A sampai Z, terkait kebudayaan, keseniaan dan destinasi yang memesona yang ada di 34 provinsi. Situs resmi Pariwisata Indonesia terus konsisten mengenalkan pariwisata di Indonesia. Begitu kaya dan indah.

Kita harus bangga menjadi anak bangsa, bangsa Indonesia. Masa depan bangsa berada di tangan kamu sebagai generasi muda. Kamu lah yang kelak memimpin dan mengisi bangsa Indonesia ke depan nantinya. Anak muda Indonesia, penerus generasi saat ini. Indonesia adalah bangsa yang besar dan disegani. Kalau bukan generasi mudanya mencintai kebudayaan dan negrinya sendiri, lalu siapa lagi yang mewarisi semua ini kelak?

Mari cari tahu semua kebudayaan, kesenian, adat istiadat termasuk kulinernya. Agar kamu makin mencintai bangsamu sendiri. Sebelumnya, redaksi sudah mengulas destinasi wisata, kesenian dan kebudayaan provinsi Kalbar termasuk rumah adat maupun baju adatnya. Dan masih di Provinsi Kalimantan Barat(Kalbar) nih. Makanan khas kuliner Indonesia, cara kongkrit untuk kita mencintai Indonesia. Indonesia cantik dan memesona alam serta segala isinya sungguh luar biasa.

Kamu sudah tahu, kuliner khasnya Kalbar? ‘Belum!’ Baiklah, redaksi mengulas kuliner khas Kalbar, yuk ada apa aja sih!

Baca Juga: Pakaian Adat di Kalimantan Barat

Saat kamu berlibur ke kota-kota yang ada Kalimantan Barat, tentu kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner khas kota yang dikunjungi disini. Tentunya setiap kota-kota di Indonesia punya kuliner khasnya masing-masing, seperti di kota yang satu ini. Kalbar memiliki berbagai kuliner khas yang rasanya maknyus dan bikin selera makan kamu, mau terus tambah, lagi dong!

Bubur Pedas, Kalimantan Barat, Pariwisata Indonesia
Bubur Pedas, Khas Kalimantan Barat / Foto: akcaya.com

Namun, dari sekian banyak kuliner khas Nusantara, redaksi sudah mengulasnya looh. Kira-kira kuliner khas kota mana aja yang sudah kamu cobain? Satu kota aja sudah beragam kulinernya, itulah mengapa kita patut harus bangga sebagai anak bangsa. Kebhhinnekaan Indonesia tampak terlihat juga, salah satunya dari kuliner nusantara.

Baca Juga:  Destinasi Wisata di Kalimantan Barat

Semua masyarakatnya bertumbuh dengan rukun dan damai, hidup saling berdampingan. Dan menjaga toleransi. Satu sama lain tidak memaksakan kuliner khasnya. Sekalipun kuliner tersebar luas dari Sabang sampai Merauke, punya rasa khas masing-masingnya, tidak pernah kita mendegar ada satu kota mewajibkan dan mengharuskan bagi penduduk yang tinggal di kota-kota di Indonesia. Tetapi, lazim dan lumrah rasanya bila mencintai kampung halaman. Rindu kepada ninik mamak atau keluarga di kampung, masakan khas tanah kelahiran jadi perekat budaya dan rasa cinta tanah airnya sendiri. Apakah kamu sedang study dan berada di luar negeri? Apakah lagi merantau di satu kota lalu meninggalkan tanah kelahiran?

Salah satu yang perlu kamu cobain untuk melepas kerinduan, teringat kampung halaman, kenali kuliner khas Kalbar. Bubur Pedas, kuliner khas favorit di provinsi ini.

Baca Juga:  Tari Adat Bopureh di Kalimantan Barat

Bubur pada umumnya yang kita tahu rasanya gurih dan manis-manis gitulah. Namun, bubur khas Kalbar, rasanya berbeda. Masyarakat disini menyebutnya dengan Bubur Pedas. Punya cita rasa istimewa yang berbeda dari bubur-bubur di kota lain. Bubur ini berasal dari daerah Sambas. Memiliki cita rasa yang khas. Tentunya bikin kamu penasaran untuk mencobanya.

Bubur Pedas,Kalimantan Barat, Pariwisata Indonesia
Bubur Pedas, Khas Kalimantan Barat / Foto: steller.co

Selain rasanya nikmat, bubur ini menyehatkan. Terkandung banyak sayuran-sayuran. Bubur khas Kalbar ini terbuat dari beras putih yang dihaluskan. Pertama, beras lebih dulu dimasak tanpa minyak. Berikutnya ditambahkan sayuran seperti daun kesum, pakis, kangkung, ubi, dan wortel. Kemudian campuri dengan aneka bumbu sebagai penyedap rasa. Semua merupakan rempah-rempah khas Kalimantan. Sebagai penutup hidangan, bubur pedas ini ditambahkan dengan topping daging, ikan teri, dan kacang tanah. Rasanya bikin sensasi dan tiada tara. Tentu makin lezat dan menggoda selera.

Saat berlibur ke Kalbar, silahkan disantap kuliner khas Kalbar ini, supaya nggak bikin kamu penasaran. Ceritakan ke redaksi www.pariwisataindonesia.id tentang cita rasa Bubur Pedas, kuliner favorit di Kalimantan Barat. Mengenal cita rasa kuliner nusantara adalah perekat budaya dan kemajemukan Indonesia. Mencintai negeri ini dapat juga dimulai dari mengenal kuliner nusantara. Cita rasa kuliner nusantara sangat kaya dan tak ada tandingan. Mari mencintai makanan Indonesia!

Dimana pun masyarakat Indonesia menjelajah dan sedang merantau. Makanan di seluruh dunia yang juga enak-enak, lidahnya tetap akan kembali ke masakan Indonesia. Mencintai aneka kuliner nusantara, salah satu cara mencintai Indonesia dengan cara sederhana.

Tentunya sepele dan sederhana, bisa dilakukan dalam keseharian. Jangan lupa, hal kecil inipula yang dapat mengakar di keseharian kita. Wahai anak muda Indonesia, penerus generasi saat ini. Indonesia adalah bangsa yang besar dan disegani. Kalau bukan generasi mudanya mencintai kebudayaan dan negrinya sendiri, lalu siapa lagi yang mewarisi semua ini kelak?

Promosi pariwisata Indonesia harus mulai melirik potensi kuliner nusantara. Pasca pandemi ini dan keadaan mulai makin membaik, upaya mempromosikan Indonesia bisa aja dengan mengundang wisatawan berkunjung dan silahkan taste kuliner nusantara. Aneka masakan dari kuliner 34 provinsi adalah bagian dari kekayaan Indonesia yang istimewa.

Bagaimana, sudah kenal salah satu kuliner favoritnya, khas Kalimantan Barat? Yuk, cobain!