Cita rasa Kuliner Khas Sulawesi Tengah

Kaledo Soup

Sobat Pariwisata yang selalu setia! Berbicara kuliner nusantara memang hal yang mengasikan dan bikin penasaran untuk terus menelusurinya. Seperti kuliner khas Provinsi Sulawesi Tengah redaksi PariwisataIndonesia.ID, memberikan ulasan secara khusus.

Dikutip dari laman Trippers.id, selain terkenal dengan keragaman budaya, Indonesia juga kaya dengan aneka kulinernya di setiap daerahnya termasuk Sulawesi Tengah.

Sobat pariwisata saat berada di Kota Palu dan sekitarnya. Yuk, cobain kuliner khas yang ada di tempat ini dan wajib sobat cicipi! Ada apa aja sih? Simak ulasannya!

Sup Kaledo, Pariwisata Indonesia
Sup Kaledo, Foto: blog.misteraladin.com

1. Sup Kaledo

Terkenal dengan rasa kuliner yang pedas dan asam, sup kaledo ini terkenal disini. Sup Kaledo, berasal dari kota Palu yang rasanya segar dan gurih, bikin ngeces dan mau tambah terus..

Sup Kaledo menu favorit dan laris manis. Rasanya pedas. Terbuat dari daging sapi. Ada sumsum tulangnya loh. Kuahnya bikin segar, pecah di mulut. Rasa kaldu dalam kuah sup kaledo nampol!

Kuah kaldunya, terasa banget. Kaya akan aroma rempah. Nggak cuma itu, sumsum daging sapi pun gurih. Menambah nikmatnya sup kaledo.

Lalampa, Pariwisata Indonesia
Lalampa, Foto: www.tribunnewswiki.com

2. Lalampa

Lalampa adalah salah satu camilan khas Sulawesi. Terbuat dari beras dicampur ikan cakalang. Sekilas mirip makanan khas Jawa Tengah. Lalampa dibungkus dengan daun pisang, dimasak dengan cara dibakar.

Aroma khas ikan cakalang sangat menggugah selera. Cara memasaknya, dengan api bakar. Dibungkus daun pisang. Rasa yang dihasilkan berbeda bila makanan ini dikukus. Dibakar, rasanya berasa dan lebih enak.

Milu Siram, Pariwisata Indonesia
Milu Siram,Foto: cookpad.com

3. Milu Siram

Berikutnya adalah milu siram. Nama yang unik, ini mungkin mengingatkan kita dengan makanan berkuah. Memang benar, milu siram adalah makanan semacam sup jagung. Terbuat dari jagung muda, biasanya disebut binte biluhuta.

Bahan utamanya jagung, namun milu siram juga diolah dengan campuran bahan lain. Cocok disajikan dengan toping ikan atau udang sehingga lebih bergizi.

Kuliner ini memiliki berbagai varian seperti pedas, asin, dan manis. Jadi, untuk rasa bisa sesuaikan dengan selera. Selain sehat dan bergizi, milu siram dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Onyop, Pariwisata Indonesia
Onyop, Foto: petahidup.blogspot.com

4. Onyop

Makanan khas Sulawesi Tengah yang satu ini memang unik namanya. Onyop adalah semacam jenang pada masyarakat Jawa. Namun di Sulawesi, makanan ini disajikan dengan kuah asam.

Onyop berbahan dasar sagu yang diuleni dan kemudian dikukus. Bertekstur kenyal dan cocok dipadukan dengan kuah asam ikan. Kuahnya memberikan rasa pedas asam yang segar.

Rasa asam dari kuah ini diperoleh dari irisan lemon. Irisan lemon yang diperas di kuah ikan kemudian disajikan bersama onyop.

Tinutuan, Pariwisata Indonesia
Tinutuan,Foto: www.tribunnewswiki.com

5. Tinutuan

Tinutuan tak jauh berbeda dengan milu siram. Namun, makanan satu ini sungguh populer di Sulawesi Tengah. Dikenal di masyarakat dengan sebutan Bubur Manado. Bubur ini terlihat sama dengan bubur pada umumnya. Adapun yang bikin beda terletak pada sayuran. Bubur ini lebih sehat. Dan pada umumnya disajikan untuk menu pagi hari sebagai sarapan. Bagi yang tidak suka menu berat di pagi hari, bubur ini sebagai alternatif.

Itulah 5 kuliner khas Sulawesi Tengah. Citarasa favorit khas Sulawesi Tengah. Mantap!