Cobain Kuliner Khas Sulawesi Tenggara

Pilihan Spesial buat Sobat Pariwisata!
Kuliner khas Sultra

Kuliner yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari pulau W sampai Rote, memiliki ciri khas dan citarasa sendiri-sendiri. Salah satu daerah yang memiliki makanan yang punya keistimewaan dan ciri khas yang begitu berbeda dengan yang lainnya adalah makanan yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Oleh karena itu! Sangat disayangkan jika sobat pariwata mengunjungi Sulawesi Tenggara tapi tidak mencicipi makanan khasnya dan mungkin saja tidak dapat sobat nikmati di daerah lain.

Berikut ini redaksi pilihkan 5 makanan favorit yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Ada apa aja sih?

Sinonggi
Sinonggi, foto: wisatasultra.com

1. Sinonggi

Sinonggi adalah makanan yang berasal dari Suku Tolaki yang berada di Sulawesi Tenggara. Bagi suku tersebut sinonggi adalah makanan pokok mereka namun sekarang makanan pokok sudah perlahan-lahan tergantikan oleh nasi. Sinonggi sendiri adalah makanan yang terbuat dari sari pati sagu.

Suku Tolaki memiliki tradisi memakan atau menyantap sinonggi secara bersama-sama yang disebut mosonggi. Makanan ini dapat menjadi kuliner yang wajib sobat masukan kedalam list wisata kuliner nanti.

Sate Gogos
Sate Gogos, foto: beritakuliner.com

2. Sate Gogos

Sate mungkin adalah makanan yang banyak tersedia hampir setiap daerah yang di Indonesia. Begitu juga dengan Sulawesi Tenggara. Daerah tersebut memiliki sate khas sendiri, yaitu sate gogos. Sate gogos adalah sate yang terbuat berbahan dasar dari kerang.

Sate kerang ini terkadang disajikan tanpa bumbu apapun, hanya kerang yang direbus lalu ditusuk menjadi sate. Namun tidak jarang juga yang memberi bumbu bacem manis, atau memakai bumbu yang memiliki citarasa pedas.

Lapa-lapa
Lapa-lapa, foto: ksmtour.com

3. Lapa-lapa

Lapa-lapa adalah makanan sejenis lontong karena dari bentuknya begitu mirip dengan lontong. Yang membedakan lapa-lapa dibungkus dengan menggunakan janur. Selain dari alat pembungkusnya yang berbeda dan proses pembuatannya juga berbeda lhoo!

Kuliner ini dibuat dari beras yang dimasak dengan menggunakan santan, lalu setelah setengah matang beras diangkat dan didinginkan. Setelah itu barulah dibungkus dengan menggunakan janur lalu direbus sampai dengan benar-benar matang. Biasannya makanan ini cocok disajikan bersama ikan asin.

Kasoami
Kasoami, foto: id.wikipedia.org

4. Kasoami

Hidangan satu ini berasal dari Sulawesi Tenggara yang terbuat dari ubi sebagai bahan dasar utamanya. Kasoami biasanya dapat dijadikan sebagai makanan pokok, karena tidak jarang disajikan bersama ikan goreng, ikan asin, ikan bakar dan sayuran.

Namun tidak jarang juga makanan ini dapat dinikmati dengan seadanya saja ditambah dengan minuman teh manis. Kasoami ini memiliki rasa yang begitu khas, dan juga memiliki rasa yang cukup lezat dan memanjakan lidah para penikmatnya.

Kabuto
Kabuto, foto: viva.co.id

5. Kabuto

Makanan khas dari Sulawesi Tenggara selanjutnya adalah Kabuto. Kuliner yang terbuat dari singkong atau ubi kayu sebagai bahan dasarnya. Proses pembuatannya tidaklah rumit. Singkong hanya dikeringkan dan dibiarkan berjamur, dan tetap disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Memang proses pembuatannya yang mudah tapi memakan jangka waktu yag cukup lama. Setelah siap, singkong tersebut hanya dicampur dengan parutan kelapa untuk menambahkan rasa gurih pada kuliner yang satu ini. Menu ini biasanya disajikan bersama ikan asin sebagai pelengkapnya.

Mungkin sobat pariwisata tidak dapat menemukan makanan yang satu ini diluar daerah Sulawesi Tenggara. Maka jangan lewatkan kesempatan mencicipi makanan ini saat berlibur ke Sulawesi Tenggara.