Kriuk-kriuk Rambutan Goreng

Camilan Khas Jambi
Pariwisata Indonesia

Menjadi salah satu negara yang memiliki iklim tropis, membuat Indonesia kaya akan ragam flora, termasuk buah-buahan. Salah satu buah-buahan tropis yang terkenal dan disukai oleh banyak orang adalah rambutan (Nephelium lappaceum). Penamaan rambutan didasarkan pada rambut-rambut yang ada di sekujur kulit buah.

Buah yang mengandung banyak nutrisi ini memiliki rasa legit, manis, dan terkadang sedikit asam. Kandungan airnya yang banyak membuat buah ini segar dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Biasanya, rambutan akan berbuah lebat pada bulan November hingga Februari. Bulan-bulan itu sering dinamakan musim rambutan.

Pariwisata Indonesia

Masyarakat Indonesia umumnya mengonsumsi rambutan secara langsung. Meski ada juga yang mengolahnya menjadi berbagai manisan atau campuran minuman, seperti jus dan es buah.

Namun, ada satu daerah di Indonesia yang mengolah rambutan dengan cara yang unik, loh. Di Provinsi Jambi, rambutan diolah menjadi camilan kriuk yang bernama rambutan goreng. Meskipun termasuk kuliner yang tidak biasa, camilan ini banyak dicari karena rasanya yang lezat.

Pariwisata Indonesia

Pembuatan camilan ini memakan waktu cukup lama karena Sobat Pariwisata harus mengeringkan daging rambutan hingga kadar airnya hilang. Hal ini untuk memudahkan saat proses penggorengan. Setelah kering, daging rambutan dibalut adonan tepung terigu, garam, vanili, dan telur, kemudian digoreng dalam minyak panas. Rasanya? Dijamin bikin nagih!

Meskipun dibuat tanpa pengawet, camilan khas Jambi ini bisa tahan hingga enam bulan, loh. Jadi, sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat berlibur di Jambi. Simak video berikut yang menjelaskan tentang pembuatan cemilan rambutan gorang, diunggah akun youtube: Asahid TehYung.

Dengan proses yang tidak rumit, Sobat Pariwisata bisa membuat rambutan goreng di dapur sendiri dan menjadikannya stok camilan untuk menemani waktu bersantai bersama keluarga. Kres… kres… kres! Jangan lupa bagi tetangga, ya!(Nita/RPI)