Brokoli Baik Buat Tubuh Kita

sumber foto: delicindo.blogspot.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.

sumber foto: pxhere.com

Sebagai bahan makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya gak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli gak direbus terlalu lama, kira-kira gak lebih dari 5 menit ya Gaaees. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

sumber foto: kumparan.com

Manfaat Brokoli diantaranya untuk kesehatan mata dan saraf dan ikut mengurangi tekanan darah. Disamping itu kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi membuat sayur brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tulang. Hal menarik lain dari sayuran hijau ini adalah manfaatnya untuk kesehatan kulit juga cukup besar.

Kandungan serat, brokoli bermanfaat untuk mendukung program diet sehat. Karena dapat menurunkan berat badan, kandungan glucoraphanin yang sangat tinggi, brokoli juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung, kandungan vitamin A yang terdapat pada brokoli, maka sangat efektif untuk mempertajam penglihatan mata.

Untuk kandungan vitamin C dan E, maka brokoli juga bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Brokoli selain mampu menjaga kesehatan pencernaan, kandungan vitamin B6, maka brokoli sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, kandungan kalium dan magnesium yang ada pada brokoli juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Lain dari itu Brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, mampu mencegah depresi yang berlebihan, mencegah dan mengobati penyakit kanker, tumor ataupun kista, meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, menjaga kesehatan sistem saraf pusat (otak), meningkatkan intelektualitas atau kecerdasan, menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, mengendalikan kadar gula dalam darah secara lebih baik.

Manfaat lain dari Brokoli, mampu mencegah dan mengobati penyakit alzheimer, mengobati penyakit saluran pernapasan seperti asma dan lainya, mencegah segala macam radikal bebas, mengurangi peradangan atau rasa sakit, serta sangat baik untuk memberi nutrisi ibu hamil, bayi ataupun balita.

Di antara banyaknya sayuran hijau, sayur brokoli memang banyak dicari ya Gaaees. Rasanya gak pahit dan mengandung kalori yang rendah. Menu ini cocok untuk makan malam kamu karena menyuplai anti oksidan dan menyehatkan di malam hari. Sayur brokoli dapat kamu kreasikan menjadi tumis brokoli maupun dengan mencampur sayuran lain menjadi cap cay goreng ataupun rebus ya Gaaeees.

#Dirumahsaja #LawanCorona #JagaKesehatan