Aneka Minuman Tradisional yang Bagus Buat Imunitas Tubuh

sumber foto: beritabaik.id

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Semakin meluasnya dan bertambah banyaknya yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, tentunya membuat banyak orang khawatir akan tertular virus ini ya Gaaees. Untuk itu di sarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kamu .Salah satunya adalah mengkonsumsi minuman yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh kamu, supaya tetap terjaga daya tahan tubuhnya. Berikut minuman yang rekomded buat kamu, apa aja sih Gaaees?

sumber foto: shopee.co.id

1. Bandrek

Bandrek ini adalah minuman tradisional dari tanah Pasundan, banyak ditemui di Priangan hingga Bogor dan Cirebon. Biasanya Bandrek dikonsumsi saat cuaca sedang dingin untuk membantu menghangatkan tubuh. Bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah jahe dan gula merah, namun beberapa daerah juga menambahkan ragam rempah lainnya agar memperkuat khasiatnya, seperti serai, merica, pandan, dan telur ayam ya Gaaees.

sumber foto: pegipegi.com

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah minuman yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ciri khas minuman tradisional ini adalah warnanya yang merah, berasal dari kayu secang. Bahan-bahan lain yang digunakan untuk meracik Wedang Uwuh diantaranya pala, cengkeh, kayu manis, jahe, dan secang. Minuman ini sangat digemari di daerah pegunungan Yogyakarta, yang dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh ya Gaaees.

sumber foto: today.line.me

3. Bir Pletok

Bir Pletok menjadi minuman tradisional yang sangat populer dikalangan masyarakat Betawi. Gak seperti namanya, minuman tradisional ini sama sekali gak mengandung alkohol yang memabukkan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Bir Pletok ini diantaranya jahe, pandan wangi, sereh, dan secang. Dahulu Bir Pletok biasa dikonsumsi selagi hangat saat musim hujan melanda ya Gaaees.

sumber foto: traveltodayindonesia.com

4. Sekoteng

Sekoteng ini merupakan minuman hangat dari jahe dengan isian roti, kacang, dan kolang-kaling. Sekoteng banyak dijajakan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dahulu penjual Sekoteng keliling dari kampung ke kampung saat malam hari menggunakan gerobak pikul. Sekoteng kini sudah jarang dijumpai seiring dengan merebaknya berbagai minuman kekinian ya Gaaees.

wedang ronde
sumber foto: idntimes.com

5. Wedang Ronde

Salah satu ciri khas dari Wedang Ronde adalah bola-bola ketan yang berisikan kacang. Mirip dengan moaci yang dihidangkan dalam semangkuk air jahe panas. Terakhir, diberi tambahan kacang sangrai dan gula. Seringkali Wedang Ronde disajikan dengan tambahn potongan roti, kolang-kaling, dan sebagainya. Kamu boleh pilih minuman ini sesuai selera kamu ya Gaaees!

#Dirumahsaja #LawanCorona #JagaKesehatan