Kuliner khas Sulawesi Selatan

Kulineran khas Makasar

PariwisataIndonesia.id – Berlibur ke suatu tempat tentu nggak seru dan nggak afdol, kalau Sobat Pariwisata tidak mencoba kuliner yang ada di tempat yang sobat kunjungi. Seperti saat jalan-jalan ke salah satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan, makanan apa yang kamu cari? Tentu saja makanan-makanan yang enak dan tentu lezat dari Makassar dong?

Makassar yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Jadi, sangat wajar jika makanan di provinsi ini memang didominasi oleh makanan khas Makassar.

Nah, buat kamu yang lagi berlibur ke kota Makassar harus dan wajib nyobain kuliner nya, karena terkenal memiliki rasa yang nggak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Apa aja sih kuliner khas dari Provisini Sulawesi Selatan ini ? Yuk ah langsung disimak!

Coto Makassar
Coto Makassar, Foto: makassarbaklave.com

1. Coto Makassar

Kuliner khas Sulawesi Selatan yang wajib dicicipi saat berada di provinsi ini adalah Coto Makassar. Sobat memang bisa menemukan kuliner yang satu ini, hampir di seluruh kota di Indonesia. Akan tetapi, rasanya kurang afdol jika sobat tidak mencicipinya langsung dari daerah asalnya.

Coto Makassar adalah makanan yang berbahan dasar jeroan dan daging sapi. Bahan-bahan tersebut direbus dalam air yang dipakai untuk mencuci beras bersama dengan kacang tanah yang dihaluskan.

Setelah itu, ada tambahan bumbu-bumbu lainnya yang membuat cita rasa Coto Makassar ini semakin lezat. Kuliner ini salah satu makanan yang berkuah  dan memang paling nikmat dimakan bersama ketupat atau buras.

Kapurung
Kapurung,Foto: kabar.news

2. Kapurung

Masih ingat dengan Papeda yang menjadi makanan khas Papua dan Maluku? Ternyata di Sulawesi Selatan juga ada makanan yang mirip dengan Papeda, lho! Namanya adalah Kapurung. Kuliner ini juga terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan sayuran dan ikan atau daging.

Walaupun Kapurung tergolong sebagai makanan tradisional, tetapi makanan ini cukup populer di Sulawesi Selatan. Sobat Pariwisata bisa menemukan hidangan ini di warung kaki lima sampai restoran, dibeberapa daerah di Sulawesi Selatan, seperti Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Jalangkote,Makasar
Jalangkote,Makasar, Foto: kabar.news

3. Jalangkote

Kue ini berbentuk mirip dengan kue yang ada di ibukota dan beberapa daerah lain yang biasa disebut dengan Pastel. Perbedaannya yaitu bahan kulit Jalangkote lebih tipis dari kulit pastel. Kulit dari jalangkote terbuat dari terigu, santan, telur, garam, mentega serta bahan tambahan lainnya yang kemudian dibuat tipis-tipis.

Tak hanya kulitnya, isi dari jalangkote pun juga berbeda. Jika pastel biasanya berisi cokelat, susu, ikan, kacang, dan lain-lain maka jalangkote tidak. Umumnya, isian dari jalangkote hanya berupa wortel dan kentang yang dipotong berbentuk dadu kecil-kecil, toge, atau juga so’un.

Sayuran tersebut kemudian ditumis dengan bumbu merica, bawang merah, bawang putih serta bumbu lainnya. Meskipun saat ini isian jalangkote mengalami perubahan, itu hanyalah penambahan telur 1/4 atau 1/2 butir dan juga daging sapi cincang.

Buras atau Burasa’, Makasar
Buras atau Burasa’, Makasar, Foto: posrakyat.com

4. Buras atau Burasa’

Buras merupakan makanan mirip dengan lontong yang terbuat dari beras tapi bentuknya berbeda. Buras atau Burasa’ umumnya lebih halus yang dibalut daun pisang muda lalu disajikan bersama taburan bumbu kelapa, gula, cabai, serta garam.

Meskipun saat ini makanan khas ini banyak dijual di pasaran. Tetapi, buras umum disajikan dalam acara-acara tertentu seperti acara syukuran lebaran, maupun pernikahan. Dan kabar baiknya, buras kini bisa kita jumpai hampir di seluruh daerah di Jawa. Siap-siap aja, lidahmu bakal ketagihan kalau sudah mencoba kuliner yang satu ini.

Sop Konro,Makasar
Sop Konro,Makasar, Foto: lifestyle.okezone.com

5. Sop Konro

Satu lagi kuliner berkuah dari Makassar yang harus sobat coba ketika singgah di Provinsi Sulawesi Selatan. Dikenal dengan nama Sop Konro, yang merupakan sup dengan cita rasa yang sangat kuat. Sup ini terbuat dari iga sapi atau daging sapi yang direbus hingga teksturnya lembut dan empuk di lidah. Penggunaan rempah-rempah, seperti ketumbar, membuat rasa dari Sop Konro terasa lebih sedap dan aromanya yang menggoda .

Makanan berkuah dengan warna kecoklatan ini juga hadir dalam versi berbeda, yaitu Konro Bakar.  Daging iga sapi yang sudah dibakar akan disajikan dengan kuah Sop Konro. Tentu saja rasa Sop Konro ini bakal bikin sobat ketagihan dan ingin terus menerus menyantapnya.

Dari 5 kuliner khas Sulawesi Selatan yang redaksi sajikan, mana yang sobat pariwisata ingin cicipi dulu nih! Selamat mencoba yaa! (Ayu/Lia/Kusmanto)