Deretan Nasi Kapau di Kramat Raya Jakarta Menjerit! Multiplier Effect Imbas Covid-19

“Berjualan di tengah pandemi benar-benar boleh dibilang 'menjerit' dan semua pedagang merasakan hal serupa saat sekarang ini," kata generasi kedua yang diberi kepercayaan mengelola kedai Nasi Kapau Raya 13 di bilangan Kramat Raya di kawasan Jakarta Pusat. Devi Natalia adalah ‘menantu idaman’ yang spontan dan tiba-tiba saja meneteskan air mata saat diwawancarai. “Bertahan saja sudah bagus,” katanya kepada Alex Situmorang yang mengaku bahwa omzet memang tengah terpuruk, benar-benar mengurut dada. Terkadang di situ ia suka merasakan sedih. Dalam setiap doanya, berharap wabah corona ini semoga lekas berlalu dari negeri Indonesia. Saat didesak berapa omzet? Kepalanya digeleng-gelengkan dan meminta untuk pertanyaan itu tak usah dilanjutkan. Biarlah dijalaninya hingga keadaan negeri ini dapat normal kembali. Itulah secuil cerita dari salah satu penjaja makanan tradisional Indonesia yang tetap eksis dan terkenal akan sajian nusantara berkuah hidangan lezat “Nan Kayo Raso”, mereka berjejer menjajakan varian masakan khas masyarakat Sumatera Barat yang tak jauh dari perempatan Senen-Kwitang. Wanita yang akrab disapa Devi meyakini, Allah SWT menjamin rezeki setiap hambanya dan ia tak merasa risau akan hal itu, juga beranggapan bahwa dirinya punya Allah. Kios Devi milik mertuanya yang sudah berjualan sejak tahun 1978.
Kuliner Nusantara, Media Kuliner, Media Pariwisata, Website Pariwisata, Situs Pariwisata, Pariwisata, Indonesia Tourism
Foto: Kios Nasi Kapau Raya 13 di Kramat Jakarta Pusat (Dok.PI)

PariwisataIndonesia.id – Kali ini, redaksi PariwisataIndonesia.id menyuguhkan salah satu tempat jajanan yang sudah melegenda di bilangan Kramat Raya, Jakarta Pusat, yakni kedai Nasi Kapau.

Pasalnya, meski di tengah pandemi pusat kuliner Nasi Kapau di kawasan itu tetap eksis dan terkenal akan sajian nusantara berkuah hidangan lezat “Nan Kayo Raso”.

Orang minang wajib coba! Lantaran, mereka berjejer menjajakan varian masakan khas masyarakat Sumatera Barat.

Baca Juga:  Tari Ritual yang Telah Bertransformasi

Di tempat itu, tampak deretan kios mengadu nasib di jalanan ibu kota menjajakan masakan-masakan yang siap manjakan pemburu makanan khas Minangkabau.

Terkait hal tersebut, redaksi Media Pariwisata Indonesia menurunkan tim lapangan Alex Situmorang untuk berburu liputan khusus guna menyuguhkan artikel yang menekankan pada kuliner tradisional Indonesia, pada Jumat (13/11) malam.

Kepada pembaca www.pariwisataindonesia.id, berikut liputannya. Selamat membaca!

Mengawali laporannya, Alex menyampaikan berdasarkan hasil wawancaranya dari sejumlah pengunjung yang tengah menikmati di kedai Nasi Kapau yang terletak di kawasan tersebut.

Terungkap informasi, bahwa masakannya selalu bikin baper. Kemudian, tamu-tamunya tak pernah merasa bosan untuk datang dan selalu kembali lagi. Lalu, kios-kios ini membuka lapaknya sejak pukul: 10.30 wib hingga 23.30 wib.

Kuliner Nusantara, Media Kuliner, Media Pariwisata, Website Pariwisata, Situs Pariwisata, Pariwisata, Indonesia Tourism
Nasi Kapau di Jalan Kramat Jakarta Pusat (Foto: Dok.PI)

Alex juga mengamati sejumlah kedai yang tengah berjualan di tempat itu, dalam laporannya, walaupun kondisinya terdampak akibat pandemi COVID-19, tapi mereka pantang menyerah.

Kios-kios ini tetap semangat membuka lapaknya dan sudah tentu yang disajikan adalan benar-benar kuliner khas Indonesia. Lokasi persisnya, tak jauh dari perempatan Senen-Kwitang.

Bersambung ke halaman berikutnya
Silakan datang mencicipi .. “