Lima Camilan Khas Jawa Tengah

Cocok untuk dijadikan Oleh-oleh

Liburan ke Semarang dan sekitarnya rasanya kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Apa saja sih, oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa Sobat Pariwisata pilih? Simak 5 pilihan redaksi di bawah ini, ya!

1. Lumpia Semarang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Sebenarnya, Lumpia bisa kita temukan di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, Lumpia Semarang punya rasa khas yang berbeda dari Lumpia kebanyakan.

Pariwisata Indonesia

Makanan yang juga sering disebut Lunpiyah ini memiliki perpaduan cita rasa  Indonesia dan Cina. Hal ini dikarenakan, penemunya adalah seorang Tionghoa yang menikahi orang Indonesia dan menetap di Semarang. Lumpia Semarang mulai terkenal sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Kekhasan lumpia Semarang bisa dilihat dari isian rebung bercampur telur, daging ayam, dan udang. Rasanya? Nggak akan cukup jika hanya makan satu buah.

2.Intip Solo

Eits, jangan salah sangka dengan kata ini, ya! Dalam Bahasa Jawa, Intip berarti kerak nasi. Proses pembuatannya bisa dibilang cukup rumit. Camilan ini terbuat dari kerak nasi (nasi yang melekat di panci) yang dikeringkan dan digoreng dalam minyak sangat panas dengan teknik khusus agar tidak gosong sebagian.

Pariwisata Indonesia

Rasa garing dan gurih sangat cocok untuk menemani saat sore hari loh, Sobat Pariwisata! Selain rasa original, Intip juga memiliki varian rasa manis, asin, dan varian yang diberi toping gula merah. Camilan ini juga mempunyai bentuk yang unik, loh. Seperti sebuah mangkok atau piring besar. Intip adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup populer.

3. Lanthing

Indonesia memang terkenal dengan kerupuk. Lanthing adalah salah satu camilan sejenis kerupuk. Camilan garing yang berasal dari singkong ini berbentuk angka delapan atau lingkaran. Awalnya, Lanthing ini hanya memiliki varian rasa gurih. Namun, kini Sobat Pariwisata bisa menemukan berbagai varian rasa seperti keju, manis, pedas manis, Lombok hijau, dan sebagainya.

Pariwisata Indonesia

Lanthing bisa menjadi camilan favorit saat kumpul bareng teman-teman. Kriuk… kriuk… kriuk, kegiatan nongkrong bareng teman akan lebih meriah.

4.Getuk Goreng

Makanan khas dari Banyumas ini terbuat dari singkong yang dihancurkan dan digoreng. Selanjutnya diberi tambahan gula merah sehingga menghasilkan rasa lembut, manis, dan legit. Saat ini, Sobat Pariwisata bisa menemukan berbagai varian rasa gethuk Goreng, seperti rasa durian, rasa nangka, rasa cokelat, dan sebagainya.

Pariwisata Indonesia

Ada yang unik tentang sejarah makanan ini, loh! Adalah Sangpirngad (1918) yang mengkreasikannya dengan tidak sengaja. Saat itu, Getuk Basah milik Sangpirngad  tidak laku dijual. Beliau pun mencari cara agar Gethuk tersebut masih bisa diolah dan dijual keesokan harinya dengan cara menggorengnya. Tak disangka Gethuk Goreng ini malah disukai oleh para konsumen, bahkan hingga kini.

5.Wingko

Camilan manis yang berbahan dasar kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula ini memang memiliki banyak peminat. Bentuknya yang bulat dan mungil sangat mudah untuk disantap. Selain itu, adapula wingko yang dibuat dengan bentuk yang besar dan berlapis kertas.

Pariwisata Indonesia

Teksturnya lunak dan legit, bikin penikmatnya ketagihan. Varian rasa Wingko pun bermacam-macam, ada durian, nangka, pisang, hingga cokelat. Awalnya, camilan ini berasal dari daerah Babat, Jawa Timur. Namun, seiring perkembangannya, Wingko Semarang menjadi salah satu yang terkenal dan menjadi incaran wisatawan.

Gimana Sobat Pariwisata? Mau pilih yang mana buat oleh-oleh sobat saat nanti berlibur ke Jawa Tengah?(Nita/RPI)