Lima Minuman Ini, Atasi Covid-19!

jahe
pariwisata indonesia, pariwisataindonesia.id

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Dalam upaya menjaga stamina dan selalu prima, beraktivitas ditengah wabah korona, mari menjaga kesehatan. Pemerintah mengimbau secara tegas, “jangan keluar rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.” Penting buat semua pihak disiplin dan harus melaksanakan. Jangan sampai bertambah korban. Penyebaran ini, sudah begitu masif. Data resmi menyebutkan, sebaran terpapar virus Covid-19 mencapai 3.293 kasus. Dan sudah terjadi di 34-Provinsi Indonesia, dikutip dari juru bicara Achmad Yurianto(10/04). Lalu apa dong, Tips cara mencegahnya? Nah, ada tips buat kamu semua. Rajinlah mengkonsumsi minuman yang kaya vitamin C dan antioksidan. Ampuh dan tokcer. Minuman ini dapat menambah imunitas. Dan dijamin, kamu terhindar dari penyakit yang menakutkan itu. Selebihnya jaga pola hidup sehat dan rajin menjaga kebersihan.

Sudah banyak penelitian menyebutkan dan literasinya jelas. Rajin mengkonsumsi minuman yang kaya dengan vitamin C dan antioksidan, dapat mencegah virus Covid-19.

Buah jeruk lemon! Salah satu buah yang bisa untuk menangkal Covid-19. Buahnya berwarna oranye, aromanya menyegarkan, sejak dulu, sudah dikenal sebagai penjaga daya tahan tubuh. Buah jeruk ini mengandung banyak vitamin C dan antioksidan. Manfaat lain dari buah jeruk, membantu menurunkan berat badan. Dan berkhasiat untuk kesehatan kulit. Rajin dalam meminum jeruk lemon, kulit bikin mulus dan bersih. Daya tahan ngejos, bugar. Dan perut tidak buncit. Kalau terluka pada bagian kulit, bagus dan disarankan untuk minum ini.  Lukanya lekas sembuh, kandungan dalam jeruk lemon dapat menggantikan sel yang sudah rusak.

jeruk, pariwisata indonesia

Minuman yang kaya dengan vitamin C dan antioksidan, sangat ampuh untuk kamu terhindar dari penyakit korona. Daya tahan tubuh kamu, kurang prima, disarankan untuk lekas meminum ini. Dalam jeruk lemon mengandung asam sitrat, vitamin C, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, dan vitamin E.

Selain itu, jeruk mengandung asam askorbat dan beta-karoten. Fungsinya, untuk memerangi radikal bebas. Perhatian, radikal bebas itu dapat menggerogoti sistem kekebalan tubuh. Merusak kesehatan kulit. Juga mengicu risiko yang sangat berbahaya, penyakit ini disebut kanker.

Bisa menimbulkan kematian, keadaan yang sangat kronis dan stadium tinggi, kematian masalah waktu. Kalau sudah begini, semua sudah terlambat dilakukan pencegahan. Radikal bebas itu, sangat berbahaya. Mari menjaga pola hidup sehat. Menjaga kebersihan. Dan rajinlah meminum, minuman vitamin C, minuman ini ada di buah jeruk.

pariwisataindonesia.id, pariwisata indonesia

Sebenarnya secara alami tubuh kita memiliki sistem imun yang bertugas mendeteksi dan mengeliminasi pathogen seperti virus yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sistem imun ini tentunya harus didukung melalui asupan makanan sehat yang seimbang. Asupan makanan yang sehat, salah satunya, buah-buahan. Selain buah jeruk, buah lain yang juga banyak mengandung vitamin C adalah jambu biji. Buah jambu ini, berlimpah dan kaya vitamin C.

Kalori vitamin C, banyak ditemukan pada buah jambu biji. Vitamin C, punya peranan penting sebagai antioksidan. Menjadi booster buat sistem kekebalan tubuh. Pakar gizi menyebutkan dan banyak ahli berpendapat, buah ini dikonsumsi tanpa harus diproses. Silahkan dimakan mentah. Tentu harus dicuci lebih dulu. Jadi bukan di jus atau blender. Mendapatkan air perasan jambu dengan cara di jus, tidak disarankan. Tetapi dibolehkan. Hanya saja, kandungan vitamin C menjadi berkurang.

Pada jambu biji ini kaya dengan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, meskipun demikian jumlahnya tidak banyak, seperti mineral, serat, zat besi, protein, magnesium dan folat.

pariwisataindonesia.id, pariwisata indonesia
sumber foto: ayobandung.com

Selain mengkonsumsi minuman di atas tadi, minuman yang terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit, bagus buat penambah stamina. Kunyit dipercaya dapat mencegah untuk terhidar dari wabah korona. Semua minuman yang berasal dari rempah-rempah dan berwarna kuning, jadi primadona sejak wabah korona merebak. Meskipun aromanya langu, rempah sering dijadikan paduan racikan jamu.

Minuman tradisional berasal dari rempah sudah bergenerasi dan turun temurun, sejak leluhur negeri ini, sudah ada jamu jamu tradisional. Jangan lupa, Presiden Jokowi, penyuka minuman ini. Jangan sungkan apalagi rendah diri karena dianggap kuno. Mari melestarikan budaya Indonesia dengan membiasakan minuman yang terbuat dari rempah-rempah. Minuman terbuat dari rempah-rempah sangat meningkatkan antioksidan.

Kunyit, selain menjadi penyedap masakan. Juga mengurangi stres, di dalam kunyit ada oksidatif. Dan kunyit ini dikenal dapat mengatasi peradangan. Dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi. Sejak leluhur terdahulu kita, kunyit dipercaya, menjadi pereda rasa sakit tanpa efek samping. Kunyit diyakini sebagai minuman tradisional yang dapat menangkal wabah korona.

pariwisataindonesia.id, pariwisata indonesia
sumber foto: matahati.news

Sama halnya seperti kunyit, Jahe pun dijadikan sebagai bumbu masak atau penyedap rasa. Jahe bagian dari rempah-rempah yang disarankan dapat menangkal wabah korona. Jahe sering menjadi campuran minuman tradisional, seperti beras kencur. Temu lawak dan banyak lagi minuman tradisional lainnya. Pada kandungan jahe, ada sesuatu yang menghangatkan, kesegaran dan ada pedas-pedasnya. Semua itu, adanya di jahe.

id.wikepedia menyebutkan, Jahe masuk dalam kelompok tanaman rimpang. Tanaman rimpang populer dengan istilah lain rempah-rempah. Kalau disebutkan rimpang, artinya, itu rempah-rempah dan bahan obat. Tetapi tanaman rimpang bukan cuma jahe, baaanyak sekali.

Jahe, menyerupai jari yang menggembung. Memiliki ruas-ruas di bagian tengahnya. Rasa dominan pedas itu, disebabkan senyawa keton yang nama ilmiahnya,  Zingiber officinale Rosc. Nama Zingiber berasal dari bahasa Sanskerta ‘singabera’ (Rosengarten 1973) dan Yunani ‘Zingiberi’ (Purseglove et al. 1981) artinya tanduk, bentuk Jahe mirip dengan tanduk rusa. Officinale merupakan bahasa latin, officina berarti digunakan dalam farmasi atau pengobatan (Janson 1981).

Rajin meminum jahe, membuat tubuh menjadi prima dan segar.  Minuman tradisional ini dapat menghangatkan badan. Sangat disarankan campur gula merah, diminumnya panas-panas. Tambahkan ginseng. Seruput, dan dihirup. Rasakan kesegarannya, ada hangat-hangat. Badan berasa fresh dan kembali prima.

Keringat-pun keluar, biarkan saja begitu. Basuh keringatmu itu, dengan handuk. Toksin-toksin di dalam badan, ikut keluar bersama keringat. Kamu akan merasakan hangat dan ada pedas-pedasnya, jahe juga memperlancar pencernaan, anti peradangan. Jahe bagus buat mengatasi flu dan pilek. Serta sering mengkonsumsi jahe dapat menyehatkan jantung.

pariwisataindonesia.id, pariwisata indonesia
Buah Kurma

Buah yang satu ini, siapa yang tidak mengenalnya? Buah ini berasal dari timur tengah, dan selalu ramainya pada momentum bulan suci ramadhan. Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan buah kurma. Nah buah kurma, bukan diminum atau semua ditelan. Dagingnya saja yang dimakan. Bijinya dibuang. Kurma masih kolompok eneka buah-buahan. Kurma merupakan tanaman jenis palm.

Disarankan mengonsumsi kurma dalam bilangan ganjil. Semisal, 1, 3, 5, atau 7 butir. Hasil riset dan penelitian dari pakar Biochemistry-Nutrition and Neuropharmacology, bernama Musthafa Mohamed Essa, Ph.D menjelaskan mengkonsumsi kurma dalam hitungan genap, seperti dua, empat, enam dan seterusnya membuat kurma diubah menjadi gula dalam darah dan potassium tanpa menghasilkan energi. Sebaliknya jika dikonsumsi dalam jumlah ganjil maka tubuh akan mengubah kurma menjadi karbohidrat. Hal ini bermanfaat, menambah energi dan mengembalikan stamina tubuh setelah seharian bekerja.

Dan kalau kita rajin makan kurma diyakini dapat meningkatkan kinerja otak dan menghindari dari penyakit alzheimer, mengurangi resiko kolitis, sembelit atau susah buang air termasuk kanker usus besar dan wasir. Akan tetapi, bagi penderita diabetes dan masalah ginjal tidak dianjurkan mengkonsumsi kurma, kecuali dalam jumlah yang sangat sedikit. 

Memiliki rasa manis, dan bentuknya punya tekstur. Daging buahnya empuk. Kurma ini sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam kurma mengandung kandungan karbohidrat, protein, Lemak, Kolesterol, Serat makanan, Vitamin: folat, niacin, asam pantotenat, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin K, Elektrolit, Sodium, Kalium, mineral, Kalsium, Tembaga, Besi, Magnesium, manggan, Fosfor, seng, Phyto-nutrisi, Karoten, Crypto dan Lutein-zeaxanthin.

Dan dalam hadis HR Bukhori dan Muslim, menerangkan salah satu keutamaan makan kurma. Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwah di pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir.

Minuman-minuman ini dapat menambah imunitas. Dan dijamin, kamu terhindar dari penyakit yang menakutkan. Selebihnya jaga pola hidup sehat dan rajin menjaga kebersihan, berjemur dan berolahraga di rumah. Jaga kesehatan dan kebersihan. Pepatah mengatakan, ‘lebih baik mencegah daripada mengobati,’ artinya lebih baik menjaga dan merawat tubuh kamu, sebelum situasi, memaksa harus dilakukan perawatan.

#LawanCorona#JagaKesehatan#JanganPanik#PariwisataIndonesia#CintaIndonesia