Mencoba Makan “Sampah” di Yogyakarta

Kuliner Nusantara
pariwisata indonesia
Foto: limakaki.com

Membaca judul tulisan ini pasti Sobat Pariwisata merasa ngeri. Tapi jangan salah sangka dulu, sebab yang dimaksud itu bukan benar-benar sampah yang ada di tong sampah. Ini adalah Soto Sampah.

Soto sendiri merupakan sebuah kuliner kuah khas Indoenesia yang hampir bisa ditemukan di setiap provinsi. Jika di tiap provinsi kuliner soto dinamai sesuai daerah asalnya seperti soto madura, soto padang, soto lamongan. Lain halnya dengan soto yang satu ini. Dinamai Soto Sampah karena pengunjung yang melihat isian soto ini sangat berantakan. Tomat, gajih sapi, perkedel, tauge,ayam suwir, kubis, nasi, serta daun sop disajikan bercampur sehingga menjadikan penampilan mangkuk soto berantakan seperti penampungan sampah.

pariwisata indonesia
Foto: indozone.id

Tidak seperti namanya, soto yang mulai berjualan sejak tahun 1970 ini memiliki rasa yang tentu saja lezat dan bisa diadu dengan soto daerah lain. Kegurihan kuah soto dengan kaldu ayam kampungnya membuat soto sampah menjadi kesukaan para wisatawan, ditambah lagi adanya gajih sapi yang membuat kuah soto semakin memuat meleleh di mulut. Meski memiliki porsi yang terbilang melimpah, harga satu porsi soto sampah sangat murah. Kamu hanya perlu membayar Rp. 6000,- saja untuk sotonya. Sedangkan jika ingin menambah sate jeroan atau gorengan, kamu bisa menambah dengan harga variatif mulai dari Rp. 1000,- sampai Rp. 2000,-.

Pariwisata Indonesia
Foto: youtube.com

Warung Soto Sampah bisa dibilang warung “kalong” sebab warung ini buka mulai pukul tujuh pagi hingga pukul tiga dini hari. Terletak di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Warung ini bisa kamu jumpai di bagian utara Tugu Yogyakarta atau Tugu Pal Putih, warung soto ini tepatnya terletak di kiri jalan seberang hotel POP atau Kampoeng Tugu. Kinu Soto Sampah juga
membuka cabang di bagian timur Alun-Alun Utara Yogyakarta tepatnya di Warung Kopi Kandang Macan.

Meski memiliki nama yang tak biasa, soto sampah ternyata cukup digemari dikalangan para artis. Seperti dalam laman inatagram pribadi @sotosampahjogja_ Gilang Dirga, Ozy Saputra dan Dimas Tejo terlihat telah mencicipi kelezatan soto sampah ini.

Bagaimana nih, Sobat Pariwisata mau nyoba makan “sampah” di Yogyakarta?