Mencoba ‘Suami’ dari Maluku

Makanan Ambon Suami, Pariwisata Indonesia

Apa yang kamu bayangkan saat membaca judul artikel ini? Terdengar aneh ditelinga? Jangan salah paham dulu ya, Sobat Pariwisata. Kali ini kita bukan belajar menjadi pelakor, namun kita akan membahas tentang kudapan khas Ambon, Maluku yang terbuat dari ubi yang diparut, diperas airnya, lalu dikukus.

Baca Juga:  3 Pantai Terbaik di Ambon, Maluku!

Tetapi Suami adalah makanan khas yang juga ada di Kota lain. Selain di Maluku, kue ini dikenal dengan nama ‘sangkola’ di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara(Sultra). Dan ‘suami’ di Cia-Cia dan Wanci juga masih di provinsi Sultra.

Kudapan Suami Khas Maluku, Pariwisata Indonesia
Kudapan Suami Khas Maluku, Pariwisata Indonesia / Foto: wikimedia.org

Tidak ada yang tahu pasti kenapa nama makanan ini diberi nama suami, tapi yang pasti suami yang satu ini bukan berbentuk manusia, ya. Suami terbuat dari ubi parut yang kemudian dikukus menggunakan dandang, pembuatannya dengan cara tradisional. Dijamin bikin ngeces dan kamu tergila-gila. Kudapan istimewa, mempertahankan cita rasa Suami yang khas.

Baca Juga:  Baju Cele, Pakaian Adat Asal Maluku

Suami memiliki tiga varian penyajian, yaitu: (1)Original, tanpa topping sama sekali. Biasanya suami tanpa topping selalu digunakan untuk pendamping makanan ikan kuah khas Maluku. Bagus banget di cocol dengan sambal colo-colo.

(2) Menggunakan taburan kelapa parut, parutan kelapa yang digunakan kelapa yang belum terlalu tua. Santan dari kelapa parut yang tidak terlalu tua, menambah kegurihan rasa dari suami ini.

Kudapan Suami Khas Maluku, Pariwisata Indonesia
Kudapan Suami Khas Maluku, Pariwisata Indonesia / Foto: Travel.Kompas

(3) Menggunakan lelehan gula merah, ini cocok bagi pecinta makanan manis. Kamu akan mendapati rasa yang mirip dengan kue lupis. Bedanya, porsi suami lebih besar. Disiram dengan lelehan gula merah, Suami manis-manis gurih. Yummy!

Netizen lisabestschool membagikan postingan di instagram, jepretan foto Suami yang bikin ngeces. OMG!

View this post on Instagram

#MakanankhasAmbon #orangambonbilangakangpungnamasuami

A post shared by Lisa Bestschool (@lisabestschool) on

Dimana bisa dapatkan dan merasakan suami?, Carilah suami di pedagang kaki lima atau penjual di pasar tradisional Kota Ambon. Nah, Sobat Pariwisata mau pakai suami dengan gula merah, kelapa parut, atau original? Paling enak disantap bersama ikan bakar + colo-colo (sambal) sudah seperti paket komplit ‘suami-istri’ dijamin menggugah selera apa lagi menikmatinya di pinggir pantai ditemani orang spesial, bikin hati senang perutpun jadi kenyang. Mantap!

Baca Juga:  Baileo, Rumah Ruh Nenek Moyang Ambon

Satu layar video penutup dari channel youtube Trans7 Official, mengulas secara sempurna Suami. Saksikan, yuk!

(Bahrul/Erwin)