Pergi ke Aceh, Kamu Harus Coba 3 Kuliner ini

Kuah Pilek U, Pariwisata Indonesia

Aceh merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Terkenal dengan kekayaan dari hasil alam, salah satunya berupa sayuran. Aceh memiliki ragam kuliner yang melimpah. Berwisata ke Aceh rasanya kurang lengkap jika belum mencoba kuliner khasnya. Berikut 3 kuliner terbaik yang jadi alternatif, harus kamu coba jika ke Aceh.

Baca Juga:  Mengenal Pakaian Adat Aceh

1. Kuah Pliek ‘U’

Disebut juga gulai patarana, kuah pliek u ini adalah kuliner yang menjadi simbol kekayaan alam Aceh. Bagaimana tidak, kuah pliek dibuat dengan bermacam-macam sayuran seperti: pucuk singkong, kulit melinjo, kacang panjang sampai patarana atau pliek u.

Ayam Matang, Pariwisata Indonesia
Menu Tradisional, Ayam Matang

2. Sate Matang

Semua jenis sate memang disajikan secara matang. Namun bukan itu alasan kenapa nama sate ini disebut matang. Disebut matang karena daerah asal sate ini adalah Kecamatan Matang, Kota Bireuen. Berbeda dengan sate yang disajikan dengan kuah kecap atau kuah bumbu kacang, sate matang justru dihidangkan bersama kuah soto.

Menu Makanan Aceh AYam Tangkap, Pariwisata Indonesia
Menu Makanan Aceh, Ayam Tangkap

3. Ayam Tangkap

Bernama demikian, bukan berarti harus beradu cepat untuk menangkap ayam yang akan kita makan. Berasal dari Aceh Besar, ayam tangkap sering juga disebut ayam teumuru, karena ayam ini dimasak dengan daun teumuru.

Baca Juga: I Love Indonesia, Jelajah Pariwisata Aceh

Jika kamu memesan ayam tangkap jangan harap kamu akan melihat ayam di atas piring, yang ada cuma sayuran. Sebab, ayam tangkap adalah ayam suwir yang dihidangkan tersembunyi dibalik daun teumuru. Untuk merasakan kenikmatannya kamu harus menangkap ayam suwir tersebut di balik daun teumuru tadi.

Nama kuliner khas Aceh ini, bikin penasaran bukan? (Bahrul/Ridwan)