Rawon, Kuliner khas Jawa Timur

rawon jawa timur

Masih di Jawa Timur yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia, yang kaya akan keanekaragaman budaya, bahasa, wisata dan juga kulinernya. Indonesia yang mendapat julukan pulau maritim ini, begitu kaya akan rempah-rempah! Hampiŕ semua kulineran yang dimasak berbahan dasar dengan bumbu rempah-rempah asli Indonesia. Salah satunya yang kaya akan rempah-rempah dan menjadi khas kuliner nusantara adalah Rawon khas Jawa Timur.

sumber foto: masakapahariini.com

Rawon ini, menjadi pilihan penting dari banyak alasan seru saat kamu ke Kota Pahlawan. Hidangan yang satu ini memang unik dan sulit ditemukan bandingannya kalau melihat sekian banyak masakan berkuah lainnya di Indonesia.

Seperti brongkos khas Jawa Tengah, rawon memiliki kesamaan hal pada kuahnya – yaitu dimasak bersama dengan kluwek atau keluak. Ada aroma dan rasa yang khas datang dari buah ini, tapi mungkin yang paling mentereng adalah warna kuahnya yang menjadi hitam.

Kuliner khas Jawa Timur ini memiliki kuah yang berbeda. Bedanya apa sih ? Bedanya adalah kuah yang ada di dalam rawon gak pada umumnya yang berwarna kuning ataupun bening. Sedangkan Rawon khas Jawa Timur berwarna kehitaman lhoo! Kuah hitam ini berasal dari kluwek atau kepayang. Biasanya rawon ini berisi potongan daging sapi yang ditaburi dengan tauge, bawang goreng, kerupuk udang dan sambel terasi.

Secara pengolahannya, memasaknya membutuhkan sedikit banyak kesabaran. Kamu diharuskan terlebih dahulu mengolah dagingnya agar empuk. Yang menjadi daya tarik masakan ini selain kuahnya adalah dagingnya yang empuk dan lezat. Kuliner ini cocok buat kamu yang sedang di rumah saja, sebagai pilihan menu pilhan kamu yaa!