Asyiknya Main Kano di Pantai Cacalan Banyuwangi

sumber foto : instagram

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Gak cuma punya Pantai Merah dan Kawah Ijen, Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata pantai yang menyajikan atraksi bermain kano.

Objek wisata tersebut bernama Pantai Cacalan. Menurut cerita masyarakat, nama “cacalan” ada banyak versi. Dulu, daerah ini banyak ditumbuhi pohon jajang atau bambu.

Saat mulai dilirik wisatawan, pantai ini sedikit demi sedikit dibersihkan oleh masyarakat sekitar. Mereka membersihkan area pantai dengan bantuan cangkul yang oleh masyarakat sekitar disebut “dicacal”.

Berada di sini, kamu dapat menikmati atraksi bermain kano. Bahkan, bisa memandang keindahan Selat Bali dari lepas Pantai Cacalan.

Atraksi lain yang bisa dilakukan adalah bermain di bibir pantai sambil menikmati debur ombak yang tenang.

Jika ingin ke tengah laut, kamu dapat menyewa perahu menyeberang ke Pulau Santen dan Pantai Boom. Saat air surut pengunjung bisa menikmati hamparan bebatuan yang ditumbuhi rumput laut.

Pantai Cacalan dibagi menjadi dua area. Area pertama seluas 1,2 hektare yang berada di sepanjang garis pantai. Sedangkan 2,2 hektare lainnya dibangun oleh pemerintah setempat menjadi area bermain, restoran serta tempat beristirahat.

Pemandangan sunrise menjadi incaran para traveler. Kamu bisa berburu sunrise mulai pukul 4.30 pagi. Pemandangannya, gak kalah indah deh dengan Bali.

Untuk mencapai Pantai Cacalan, kamu bisa mengambil rute Kota Banyuwangi menuju Pelabuhan Ketapang. Melewati Pasar Kampung Arab atau Pasar Lareng-Supermarket Hardy, pertigaan lampu lalu lintas Sukowidi hingga bertemu Pantai Cacalan./e

Gimana, tertarik main kano di sini?