Berburu Sunrise Tahun Baru di Pantai Sari Goang

sumber foto : pariwisata.lomboktengahkab.go.id

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Menikmati matahari pertama yang terbit saat Tahun Baru 2020, memberi semangat baru..

Terutama buat kamu yang memilih liburan ke Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Jangan lupa, listing pantai ini ya Gaaees.. namanya Pantai Sari Goang.

Pantai ini memiliki keindahan layaknya surga yang tersembunyi. Kamu disuguhkan keindahan perpaduan bukit, laut dan batu karang berbentuk segitiga. Di antara batu karang dan bukit terdapat teluk. Di teluk inilah lokasi paling seru untuk berenang, karena arus airnya cenderung tenang.

Pantai yang terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini masih terlihat asri dan alami, karena belum banyak dijamah wisatawan. Selain berpasir putih, kelebihan pantai ini adalah memiliki spot terbaik menikmati sunrise. Jadi waktu yang tepat untuk datang adalah sebelum fajar.

Pantai Sari Goang. sumber foto : Instagram

Pantai Sari Goang berbentuk telaga yang dikelilingi oleh bukit bukit kecil. Tempat ini bagus untuk camping, selain luas, keamanannya juga terjamin karena berada di wilayah TWA yang dijaga oleh Polisi Hutan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB.

Karakteristik Pantai Sari Goang cukup tenang. Ombak yang datang juga tidak terlalu besar. Pantai ini berbentuk teluk dengan pulau kecil di tengahnya yang sekaligus menjadi perisai dari hantaman ombak laut lepas. Dari Pantai Sari Goang, kamu bisa melihat perbatasan antara Lombok Tengah dengan Lombok Timur, Bahkan Pulau Sumbawa.

Menikmati indahnya sunrise di Pantai Sari Goang butuh usaha ekstra, karena akses menuju pantai ini cukup berat dan ekstrem. Namun, bagi yang punya jiwa petualang, justru menjadi tantangan. Ada dua alternatif menuju daerah terluar dari Desa Mertak itu, yakni menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki.

Jika menggunakan sepeda motor, kamu harus berhati-hati, sebab jalurnya menanjak dan berbatu. Sebaiknya gunakan kendaraan jenis trail. Jika berjalan kaki, kamu harus menyusuri jalan setapak yang berliku dan curam melalui tebing dan perbukitan.

Namun, lelah perjalanan akan terobati begitu keluar dari hutan. Kamu akan disambut deburan ombak yang menghantam tebing dan pemandangan pantai yang menakjubkan./e