Danau Poso yang Memikat

Danau Poso. Sumber Foto: shutterstock.

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Destinasi wisata danau ini berada di daerah Sulawesi Tengah, tepatnya di Tetena, Kabupaten Poso, Palu, sekitar 4 jam melalui jalan darat. Pesona alam yang ditawarkan Danau Poso bisa bersaing dengan beberapa danau besar di Indonesia lainnya, seperti Danau Toba di Sumatera Utara.

Dengan status danau terbesar ketiga di Indonesia, danau yang berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut ini memiliki gelombang air layaknya di laut. Sehingga, pesisir danau yang biasanya ditumbuhi rawa, justru hadir dengan pasir kuning yang lembut banget.

Gak cuman itu, warna danau yang tampil berbeda menjadi daya tarik bagi siapapun yang berkunjung. Di bagian pinggir danau, air berwarna hijau. Sedangkan di bagian tengah air danau justru berwarna biru, menunjukkan seberapa dalamnya Danau Poso ini.

Danau yang memiliki pajang 32 kilometer dan lebar 16 kilometer ini merupakan habitat dari banyak sekali spesial ikan endemik yang terancam punah. Seperti Adrianichthys, Mugilogobius amadi, M. sarasinorum, Nomorhamphus celebensis, Oryzias nebulosus, Oryzias nigrimas, dan Oryzias orthognathus.

Selain itu, dataran di sekitar Danau Poso merupakan rumah bagi anoa atau sapi hutan dan babi rusa yang juga mulai langka keberadaannya. Oleh karena itu, Pemerintah Sulawesi Tengah berencana membangun Taman Konservasi Dongi untuk melindungi keberlangsungan hidup flora dan fauna di sekitar Danau Poso.

Di sini kamu bisa menikmati momen sunrise ataupun sunset seperti di kawasan wisata pantai./e

Berkesan bangetzz Gaaees!