Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Gelar Acara Jakarta Urban Merchandise

Pariwisata Indonesia

PARIWISATAINDONESIA.ID – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI berkolaborasi dengan Dekranasda Jakarta menyelenggarakan perlombaan Jakarta Urban Merchandise.

Puncak acara rangkaian lomba atau Awarding Event yang dihadiri oleh Fery Farhati selaku Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta. Acaranya sendiri berlangsung di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, pada Selasa (23/11).

Lomba Jakarta Urban Merchandise diikuti oleh 25 peserta dan berhasil menetapkan delapan finalis di antaranya, yakni sebagai pemenang utama yaitu Nur Annisa yang menghadirkan inovasi berupa Bir Celetok. Bir pletok yang dikemas dengan modern dan menarik lantaran dari tampilannya itu memudahkan konsumen mengkonsumsinya. Sementara itu, penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Fery Farhati kepada para pemenang.

“Lomba ini memberikan kesempatan bagi perajin lokal untuk memberikan ide kreatif dalam menciptakan produk barang dagangan perkotaan unggulan. Selain itu, lomba ini juga untuk memberikan pengalaman lebih bagi perajin lokal untuk menggali potensi kreativitas dari berbagai aspek,” kata Fery dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Fery menjelaskan bahwa Jakarta sebagai Ibu Kota serta kota metropolitan tidak lepas dari aspek budaya dan masyarakat yang heterogen, hal ini berpengaruh dalam pembentukan kreativitas masyarakat Jakarta. Namun, lanjut Fery, Jakarta sendiri belum memiliki tempat khusus atau Sentra Merchandise yang khas.

“Kita tahu, Jakarta menjadi obyek wisata terbesar kedua setelah Bali yang dilakukan oleh wisatawan baik lokal dan mancanegara,” ucapnya.

Selepas menyampaikan hal tersebut, sambungnya, gelaran lomba tersebut datang di waktu yang tepat, dan menjadi sebuah gerakan awal dari Jakarta untuk berkreasi membuat barang dagangan kota Jakarta. Hal ini terlihat dari karya-karya yang ditampilkan dan melalui gelaran acara tersebut pula menjadi penanda kekhasan dari Kota Jakarta.

Fery juga menambahkan, lomba tersebut turut memberikan dampak positif bagi ekosistem ekonomi kreatif di Jakarta.

“Kondisi pandemi membawa momentum masyarakat untuk memulai kembali, berhenti berbagi, kemudian membuat karya yang membawakan warna baru bagi para perajin lokal. Semoga para peserta dapat terus berkarya dan berkontribusi dalam memberikan produk unggulan bagi Jakarta,” tuturnya.

Rangkaian Jakarta Urban Merchandise diawali dengan kegiatan Submit Karya yang dimulai sejak 23 Juni hingga 25 September 2021. Kemudian, pengumuman final dilaksanakan pada tanggal 19 November 2021, dan Coaching Event diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting pada 21 Oktober 2021. (Beben)