Disparbud Wonosobo Raih Public Service Award di Ajang “The 10th Annual Indonesia MarkPlus Festival 2022”

Pariwisata Indonesia, Pelaku Pariwisata Indonesia Berprestasi di Tahun 2022, Berita Pariwisata Indonesia, Situs Pariwisata Indonesia, Pariwisata Indonesia 2022, Penghargaan Indonesia Marketing Champion 2022,Penghargaan Public Services Awards 2022,Daftar Penerima Penghargaan Indonesia Marketing Champion 2022,Daftar Penerima Penghargaan Public Services Awards 2022,Media PVK Grup,Trippers,PT Prima Visi Kreasindo,BERITA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO,FOUNDER DAN CHAIRMAN MARKPLUS CORP HERMAWAN KARTAJAYA,GUBERNUR JAWA TENGAH GANJAR PRANOWO,KADISPARBUD WONOSOBO AGUS WIBOWO,PARIWISATA DI INDONESIA,THE 10TH ANNUAL INDONESIA MARKPLUS FESTIVAL 2022
Founder dan Chairman MarkPlus Corp, Hermawan Kartajaya (kiri) menyerahkan secara langsung penghargaan untuk kategori Public Service of The Year Jawa Tengah 2022 kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo (kanan) di ajang "The 10th Annual Indonesia MarkPlus Festival 2022” yang berlangsung di Semarang, Selasa (23/8). / (Foto: Media PI/Dok. Ist)

PariwisataIndonesia.id, Semarang – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo meraih penghargaan untuk kategori Public Service of The Year Jawa Tengah 2022 dari MarkPlus Corp.

Dalam kesempatan tersebut, Founder dan Chairman MarkPlus Corp, Hermawan Kartajaya menyerahkan secara eksklusif penghargaan dimaksud kepada Kadisparbud Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo.

Perihal acara itu, dilangsungkan di Hotel Santika Premiere Semarang, Selasa (23/8). Sementara menyoroti kegiatan tersebut, masih dalam rangkaian gelaran “The 10th Annual Indonesia MarkPlus Festival 2022”, yang sebelumnya sukses digelar di Kota Denpasar pada 11 Agustus 2022 lalu.

Kini, hadir di kota besar kedua yang dikenal dengan julukan sebagai Kota Lumpia. Mengulik pelaksanaan Award ini ditujukan bagi institusi tingkat daerah mulai dari BUMN, perusahaan swasta, kedinasan, dan media.

Mereka dinilai berhasil melakukan terobosan atau milestone pemasaran selama satu tahun ke belakang pada industri yang digelutinya.

Menanggapi penghargaan tersebut, Agus Wibowo menegaskan, “prestasi ini bukan semata-mata karena saya, tapi berkat kerja keras tim, adapun hasilnya diklaim untuk kita bersama,” kata Kadisparbud Wonosobo kepada PariwisataIndonesia.id dalam sambungan telepon yang disampaikannya dari Kota Semarang, Selasa (23/8).

“Wabilkhusus kepada Pemkab Wonosobo, dalam hal ini Pimpinan saya, yaitu Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang harus diacungi jempol. Karena menekankan agar sektor pariwisata dan kebudayaan di tempat kami sebagai program prioritas di RPJMD,” sambungnya.

Menurutnya, dukungan tersebut juga merupakan bukti kuat komitmen dari Pemkab turut serta menggerakkan sektor pariwisata sebagai lini terdepan, lebih jauh dari itu, Wonosobo ikut pula mendorong dalam pemulihan ekonomi nasional.

Namun, dirinya tak menampik mengaku sangat bersyukur atas award yang diterimanya itu. Kadisparbud Wonosobo menambahkan, multiplayer effect yang ditimbulkan dari apresiasi tahunan Markplus.

Pariwisata Indonesia, Pelaku Pariwisata Indonesia Berprestasi di Tahun 2022, Berita Pariwisata Indonesia, Situs Pariwisata Indonesia, Pariwisata Indonesia 2022, Penghargaan Indonesia Marketing Champion 2022,Penghargaan Public Services Awards 2022,Daftar Penerima Penghargaan Indonesia Marketing Champion 2022,Daftar Penerima Penghargaan Public Services Awards 2022,Media PVK Grup,Trippers,PT Prima Visi Kreasindo,BERITA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO,FOUNDER DAN CHAIRMAN MARKPLUS CORP HERMAWAN KARTAJAYA,GUBERNUR JAWA TENGAH GANJAR PRANOWO,KADISPARBUD WONOSOBO AGUS WIBOWO,PARIWISATA DI INDONESIA,THE 10TH ANNUAL INDONESIA MARKPLUS FESTIVAL 2022
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo meraih penghargaan untuk kategori Public Service of The Year Jawa Tengah 2022 dalam ajang “The 10th Annual Indonesia MarkPlus Festival 2022”. (Foto: Media PI/Dok. Ist)

Selain mampu memberikan inspirasi bagi institusi tingkat daerah agar terus menorehkan prestasi dan inovasi di tengah disrupsi digital yang membuat persaingan industri ini kian hari semakin kompetitif.

Di sisi lain, juga menjadi tantangan yang harus disikapi secara lebih profesional, bersinergi dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

“Kerja keras tim internal kami Dinas Pariwisata maupun di semua sektor pelaku usaha pariwisata dan juga para komunitas, akademisi, media yang membantu mendukung marketing pariwisata Wonosobo ke dunia luas. Itu akan membantu kenaikan kunjungan wisata dan melamakan tinggal di Wonosobo. Beberapa event yang diselenggarakan juga melibatkan semua pihak dan manfaatnya juga mulai dirasakan oleh semua pelaku ekonomi di Wonosobo,” bebernya.

Pencapaian prestasi itu, juga tak lepas dari peran para pelaku wisata, ekonomi kreatif dan budaya serta berbagai elemen lainnya dalam berbenah membangun destinasi, memperluas jaringan pemasaran, mempermudah akses dan meningkatkan daya tarik wisata, sehingga menjadikan pelayanan publik sektor pariwisata menjadi lebih berkualitas.

Untuk mewujudkan kinerja pelayanan publik yang lebih baik, kata Agus, sejatinya memenuhi harapan masyarakat melalui sektor pariwisata dan kebudayaan di wilayahnya, jajarannya pun tak bisa bergerak sendiri, sangat membutuhkan dukungan dari banyak pihak.

“Kami optimis, melalui kerja sama yang solid serta dukungan dari berbagai kalangan, kinerja Disparbud Wonosobo ke depan bisa lebih baik lagi, tentu hal ini perlu didukung berbagai kebijakan, konsep, kerja sama dan kolaborasi yang lebih terpola, sinergis, dan selaras,” paparnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya, mengapresiasi Hermawan Kartajaya yang konsisten melahirkan konsep-konsep marketing ‘out of the box’ sehingga mampu memenuhi kebutuhan pemasar di Indonesia.

“Saya apresiasi sekali atas konsistensi Bapak Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Chairman Mark Plus Corp, yang berani melahirkan konsep-konsep marketing of the box demi memenuhi kebutuhan pemasar di Indonesia,” kata Gubernur Jawa Tengah dalam kesempatannya sebagai keynote speech di acara tersebut.

Ganjar juga mengapresiasi sejumlah penerima penghargaan Indonesia Marketing Champion 2022 dan Public Services Awards 2022. Harapannya, institusi daerah di Jawa Tengah dapat terus bersinergi.

Jebolan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, yang juga mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), menerangkan penghargaan tersebut sejalan pula dengan konsep Human 5.0. yang mencakup empat karakter utama, antara lain CIEL (atau Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership).

PariwisataIndonesia.id mencatat, perhelatan itu dihadiri lebih dari 400 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari pemasar, tokoh pemerintahan, jajaran petinggi perusahaan, hingga pebisnis lintas sektoral.

Pada ajang tersebut, tak hanya Disparbud Wonosobo, terdapat 12 institusi pemerintah di Jawa Tengah yang juga mendapatkan penghargaan serupa, seperti Disdukcapil Kota Surakarta, Taman Satwataru Jurug Kota Surakarta, Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Inspektorat Boyolali, DLH Kabupaten Sukoharjo.

Kemudian Bappedalitbang Wonogiri, DP3A Kota Semarang, DPMPTSP Kota Salatiga, DPMPTSP Kota Semarang, Diskominfo Banyumas, dan DPMPTSP Kendal. (Ayu/eh)

× Hubungi kami