Dodol Jambu Merah yang Bikin Ketagihan

sumber foto: bukalapak.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Dodol atau disebut juga jenang di beberapa daerah merupakan jajanan manis asli Indonesia. Salah satunya dari daerah Ngawi, berasal Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Ada oleh-oleh khas yang perlu kamu tahu Gaaeees, apa coba?

Kuliner jajanan ini berawal dari kisah Eva Agustiyana, perempuan asli Desa Hargomulyo ini, berinovasi dengan membuat dodol Jambu Merah. Ide ini ia kembangkan setelah menyelesaikan kuliah di Malang Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian-Agribisnis. Perempuan kelahiran Agustus 1995 ini mencoba membuat kuliner asli Ngawi sebagai oleh-oleh yang khas dari Ngawi, yang dikenal dengan nama Dodol Jambu Merah.

sumber foto: indonesiatraveler.id

Jambu merah yang merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh setiap orang. Disukai karena manisnya dan tentunya banyak kandungan vitamin didalamnya lhoo Gaaees. Biasanya, jambu merah dikonsumsi langsung dengan dimakan atau dibuat jus, ya kan Gaaees?

Namun dengan ide dan kreativitas Eva ini, jambu merah diolah menjadi Dodol Jambu yang ia kemas secara cantik dan menarik dengan menggunakan besek bambu sebagai kemasan luarnya. Pastinya sangat terlihat khas Ngawi dengan kemasan ini Gaaees.

sumber foto: bukalapak.com

Sesuai dengan namanya, bahan utama pembuatan dodol ini adalah jambu merah ya Gaaees. Dodol yang sudah siap santap biasanya dikemas dengan menggunakan besek bambu sebagai kemasan luarnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas dari Ngawi ya Gaaees.

Selain Dodol Jambu Merah, dodol seperti kebanyakan yang kita tahu, bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan tambahan pada dodol adalah yang menentukan rasa dodol tersebut Gaaees.

Seperti dodol yang dibuat dari durian disebut dodol durian, dodol dari sirsak disebut dodol sirsak, dodol dari nangka disebut dodol nangka, dodol dari jahe disebut dodol jahe dan masih banyak lagi lhoo Gaaees yang lainnya.

#PariwisataIndonesia #CintaIndonesia