Festival Lansek Manih Siap Digelar, Ada 50 Stan Gratis Buat Pelaku Usaha Kreatif di Kabupaten Sijunjung

pariwisataindonesia-foto-Afrineldi, Festival Lansek Manih, Festival Lansek Manih IV
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, Afrineldi (Foto: Ist)

PariwisataIndonesia.ID – Pelaksanaan Festival Lansek Manih IV digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, dan tahun ini, menyediakan stan gratis bagi 50 orang pelaku usaha kreatif.

Hal tersebut, dalam rangka Hari Jadi ke-73 Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), yang direncanakan akan berlangsung selama 7 hari, mulai 18 Februari hingga 24 Februari 2022.

“Melihat kondisi masyarakat yang berjualan, 5 hari dinilai terlalu singkat, jadi sesuai instruksi Bupati, festival digelar 7 hari,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadis Parpora) Kabupaten Sijunjung, Afrineldi kepada awak media, Senin (14/2/2022).

“Hal istimewa pada bazar di Festival Lansek Manih kali ini, kami menyediakan stan gratis bagi 50 orang pelaku usaha kreatif di Kabupaten Sijunjung,” sambungnya.

Afrineldi turut menjelaskan, soal pelaku usaha kreatif, katanya, merupakan pelaku usaha yang memiliki produk asli dari Kabupaten Sijunjung.

“Beberapa produk usaha kreatif tersebut seperti tas jali-jali, madu galo-galo dan berbagai produk lainnya, yang merupakan asli dari Kabupaten Sijunjung,” sebutnya.

Ditambahkannya, kebanyakan yang mengisi stan yang disewakan itu bukan dari warga Sijunjung, tetapi warga luar daerah Sijunjung yang ingin berjualan.

“Stan yang disewa, biasanya bukan dari warga Sijunjung, melainkan dari luar daerah, untuk masyarakat Sijunjung, stan gratis itu yang kita berikan,” tegasnya.

Menurutnya, bazar tersebut bakal diurus oleh pihak nagari bersama pemuda dan juga Event Organized (EO).

“Untuk sekarang belum dipastikan berapa tenda pada bazar, tetapi pada tahun sebelumnya ada 30 sampai tenda bazar,” sebutnya.

Dikatakannya, untuk biaya penyewaan stan/tenda bagi masyrakat yang akan berjualan sebesar Rp 2.500.000 untuk tujuh hari Festival Lansek Manih IV.

“EO meletakkan harga sewa tenda lebih murah dari tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2021 harga sewa stan sebesar Rp3 juta,” pungkasnya, seperti ditulis TribunPadang.com.

Saat ini, pihaknya sudah memberikan selebaran kepada setiap OPD dan kecamatan di Kabupaten Sijunjung, terkait penyewaan stan tersebut, yang mana sudah terdapat harga dan penanggung jawab ajang tahunan itu. (Penulis: Muhammad Hafiz Ibnu Marsal)