Gubernur Anies Janjikan Awal Tahun Depan Kepada Karang Taruna DKI, Apa Sih? Ini Katanya

PariwisataIndonesia.ID – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan turut hadir dalam Puncak Bulan Bhakti Karang Taruna, yang acaranya ini sekaligus masih dalam momentum peringatan 61 tahun Karang Taruna di RPTRA Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (26/9).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Anies menilai peran dan manfaat Karang Taruna kehadirannya semakin dirasakan dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurutnya, Karang Taruna memiliki jiwa sosial yang tinggi, organisasi kemasyarakatan ini dikelola oleh para pribadi yang berjiwa muda, cekatan dan mau bekerja dan turun langsung ke tengah masyarakat.

“61 tahun perjalanan Karang Taruna, organisasinya boleh saja umur tua, tapi aktivisnya masih muda. Masih panjang perjalanan Karang Taruna. Karena itu, dalam peringatan ini, Karang Taruna harus bermanfaat bagi masyarakat,” kata Anies melalui keterangan tertulisnya.

Ketika ada sesuatu kebutuhan untuk menggerakkan bagi keperluan-keperluan di masyarakat, kata Anies, Karang Taruna kerap hadir dan tampil sebagai garda terdepan. Melihat hal ini, Anies meminta, tolong jaga stamina, baik stamina fisik, mental, dan intelektual.

“Yang menarik dari Karang Taruna adalah kepemudaannya, anak muda itu cekatan dan siap setiap saat bekerja bagi masyarakat,” pujinya.

Tak cuma itu saja, bahkan Anies ikut mendorong, khususnya Karang Taruna di DKI Jakarta, harus menjadi organisasi kepemudaan yang paling aktif di Indonesia.

“Peringatan ini harus jadi kesempatan mengingatkan kita atas peran kita di masyarakat, dan khusus Jakarta, karena Karang Taruna ini memulainya di Kampung Melayu yang memulai Almarhum Bapak Ghazali. Jakarta, Karang Tarunanya, harus jadi paling aktif di Indonesia, karena di sinilah Karang Taruna dimulai,” tuturnya.

Setelah mengatakan hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga menjanjikan siap untuk meningkatkan dukungan terhadap Karang Taruna lebih secara masif lagi. Sehingga, akan terwujud kolaborasi yang baik antara Pemerintah dengan organisasi kepemudaan di tingkat paling mikro.

“Pemprov DKI Jakarta melihat Karang Taruna dan merasakan manfaatnya, begitu juga masyarakat. Karena itu, mulai bulan Januari besok, dukungan untuk Karang Taruna di tingkat paling dasar kita siapkan untuk seluruh Jakarta. Harapannya, pemantik ini bisa dimanfaatkan di tiap wilayah,” tuturnya.

“Kita ingin kegiatan Karang Taruna melibatkan semua, terlebih Jakarta adalah kota Kolaborasi. Dengan dukungan dari Pemerintah, yuk ajak semua terlibat dalam berbagai kegiatan,” tambahnya.

Selain menghadiri Puncak Bulan Bhakti Karang Taruna, Gubernur Anies secara simbolis ikut serta melepas mobil kolaborasi PMI dan Karang Taruna. Lanjutnya, semoga ambulans ini  bisa dimanfaatkan secara maksimal guna menjangkau dan memberikan pelayanan kesehatan, khususnya warga Jakarta.

Mantan Mendikbud ini menerangkan, berdirinya Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan di Indonesia yang keberadaannya diakui dan diwadahi oleh Pemeintah, diinisiasi oleh sosok anak muda bernama Ghazali, pada 26 September 1960 di Kampung Melayu, Jakarta Timur. (B3b3n).