Hayooo..Apa Bedanya Kue Pancong, Rangi, dan Bandros?

sumber foto : ist

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Hayooo..Apa Bedanya Kue Pancong, Rangi, dan Bandros?
Para penggemar kuliner, terutama kamu yang suka jajanan tradisional pastinya pernah makan salah satunya nih.. ada kue pancong, bandros, dan rangi.

Menggunakan kelapa sebagai bahan utamanya, ketiga kue ini sama-sama menciptakan rasa manis dan gurih di lidah. Apalagi disajikan hangat-hangat, makin menambah kelezatannya.

Meski serupa, ternyata ketiga kue tradisional ini punya perbedaan masing-masing, lho Gaaees.. Beberapa di antaranya pun terwakilkan pada rasanya.

Ternyata ini bedanya Gaaees..

Dari Bahan Baku
Bisa dibilang, ketiga kue di atas menggunakan kelapa sebagai bahan baku utama. Namun, baik pancong, rangi dan bandros punya bahan baku pelengkap yang berbeda. Jika pancong menggunakan tepung beras, santan untuk membuatnya, maka rangi memakai tepung sagu untuk mengikat adonan.

Sedangkan, kue bandros menggunakan bahan yang nggak jauh berbeda dari kue pancong. Hanya saja kue ini juga menggunakan telur ayam sebagai pelengkapnya.

sumber foto :sajiansedap.grid.id

Ini Soal Rasa Kayaknya
Secara bahan, kamu sudah bisa membayangkan gimana rasanya, pasti ada rasa gurihnya dari kelapa. Nah, yang berbeda adalah kue pancong memiliki dominan rasa asin seperti bandros. Sedagkan rangi punya sedikit rasa manis di atasnya.

Asalnya dari Mana
Buat kamu yang tinggal di Jakarta, pasti sadar kalau kue pancong dan rangi adalah kuliner khas Betawi. Sedangkan, bandros merupakan panganan yang cukup dinikmati masyarakat di Jawa Barat.

sumber foto : sindonews.com

Bentuk dan Ukuran
Jika dilihat dari jauh, ketiganya punya bentuk yang serupa. Tapi, ukurannya sudah pasti beda, khususnya kue ragi. Kue pancong dan bandros punya ukuran yang sama karena cetakannya sama, cetakan kue pukis. Sedangkan kue rangi terlihat lebih pendek dan kecil karena cetakannya gak memiliki cekungan di dalamnya.

Ujan-ujan kayak gini, sambil menyeruput kopi susu hangat ditemenin kue-kue di atas, Indahnya hidup!/e