Indahnya Pantai Kemala, di Balikpapan

sumber foto: lea_edelydia_Instagram

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Balikpapan merupakan kota pelabuhan terbesar di pesisir timur Pulau Kalimantan, yang menyimpan banyak pantai yang sangat indah. Salah satu pantai yang bisa membuat jatuh hati yaitu Pantai Kemala.

Pantai Kemala terletak di pusat kota Balikpapan, yaitu di Jalan Jenderal Sudirman. Selain menggunakan mobil pribadi, untuk menjangkau pantai ini, kamu dapat menggunakan transportasi umum yaitu angkot nomor 03 dengan warna putih-biru muda, rutenya Terminal Batu Ampar–Pelabuhan Semayang. Untuk yang memilih angkutan umum, kamu tinggal minta turun aja di RS Bhayangkara Gaaees, karena jalan masuk ke pantai ini bersebelahan dengan rumah sakit tersebut.

Pantai Kemala merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib masuk ke dalam daftar travel book kamu Gaaees. Keindahan pantai ini tak terbantahkan lagi, terlebih bagi para penunggu senja. Keindahan sunset menjadi daya tarik bagi pelancong sembari menikmati semilir angin.

Selain menikmati matahari terbenam, kamu bisa berjalan-jalan, bermain air hingga berwisata kuliner. Beberapa warung makanan berjejer dipantai ini. Harganya pun cukup terjangkau untuk kantong kamu lho. Roti bakar misalnya, masih di bawah Rp10.000 dan minuman botol sekitar Rp 5.000. Untuk kuliner yang porsi berat, di Pantai Kemala juga tersedia berbagai restoran tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Rata-rata restoran di sini menyediakan hidangan laut seperti kerang, kepiting, ikan dan lobster.

Rekomendasi tempat makan seafood yang bisa didatangi antara lain Kemala Beach & Resto, Tip Top Rumah Makan, Biru Laut Restauran. Selain itu ada juga Rumah Makan Cocom bagi pecinta masakan Padang. Selain bisa santai-santai di pinggir pantai dan bermain air, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, yaitu main banana boat dan flying fox. Gak ada karcis resmi untuk melakukan permainan ini, bila ada yang sudah mulai bermain, kamu ikut antri aja Gaaees.

Jika ada enam orang, banana boat akan langsung jalan. Banana boat ini mulai beroperasi sore hari sekitar pukul 16.00 Wita. Tak jauh dari Pantai Kemala ada Lapangan Merdeka dan Tugu Australia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa, selalu abadikan keasyikan ini dalam Instagram, Twitter atau Facebook, dengan XL Axiata 4.5G yang jaringan internetnya stabil, urusan download jadi aman.

Masih di Jalan Jenderal Sudirman, jika kamu ingin membeli oleh-oleh maka bisa berkunjung ke outlet Gulung Jenebora, makanan khas Balikpapan. Aneka kue di sediakan muai dari jenebora gulung nenas, jenebora gulung durian, jenebora gulung green tea, jenebora gulung pulkador hingga jebenora simple brownies. Nah, asyik kan melepas penat di Pantai Kemala? Se asyik XL Axiata yang telah terfiberisasi dengan jariangan internet stabil. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi (IPG)