Jelang PON XX Th 2021! Risma Janjikan “Beli Masker” Warga Papua dan Beri “Mesin Jahit”

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,BERITA KEMENSOS,MENTERI SOSIAL TRI RISMAHARINI,PARIWISATA INDONESIA,PON XX TH 2021,RISMA JANJIKAN "BELI MASKER" WARGA PAPUA DAN BERI "MESIN JAHIT",SENTRA KREASI ATENSI (SKA).
Kementerian Sosial terima bantuan 100 mesin jahit merek Singer sumbangan para pengusaha, acara seremenonial digelar di lobi utama kantor Kemensos, Jakarta, Jumat (6/8) / Dok.Humas Kemensos

PariwisataIndonesia.id – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi atas “100 unit mesin jahit merek Singer” sumbangan para pengusaha di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jilid 4, pada Jumat (6/8).

“Saya yakin bantuan mesin jahit ini sangat bermanfaat terutama dalam masa pandemi. Terima kasih kepada para distributor mesin jahit Singer yang sudah tergerak memberikan bantuan,” kata Mensos Risma saat menggelar acara seremonial penyerahan mesin jahit di lobi utama Kantor Kementerian Sosial.

Kemensos memastikan akan menyalurkan kembali bantuan tersebut kepada warga Papua diiringi pendidikan vokasional, seperti bimbingan menjahit kaus, cenderamata dan souvenir untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Tahun 2021.

“Kami akan mengajari anak-anak Papua dengan keterampilan menjahit kaus, cenderamata dan souvenir yang bisa disajikan pada PON XX tahun 2021 Oktober nanti. Saya akan membawa beberapa unit mesin jahit ke Papua,” tandas Risma.

Risma berharap dari bantuan tersebut dapat membantu ekonomi yang sekaligus meningkatkan partisipasi warga Papua dalam penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX tahun 2021 yang rencananya bakal dilangsungkan pada bulan Oktober 2021 mendatang.

“Mereka bisa membuat masker yang nanti kita beli lalu kita berikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” janji Risma.

Dalam keterangan tertulisnya, sejak Risma menjabat Mensos langsung bergerak cepat untuk menginisiasi pembentukan Sentra Kreasi Atensi (SKA).

Mantan Wali Kota wanita pertama Surabaya yang menjabat selama dua periode memaparkan, bahwa penerima manfaat akan diberikan antara lain bimbingan sosial psikologis, pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan seperti mengolah kompos, pupuk cair, sayuran hidroponik, telur ayam dan magot (pakan ikan lele) serta agrowisata tanaman porang dan anggur.

Kemudian, tambahnya, kepada mereka juga diberikan pendampingan dan penguatan kewirausahaan dengan menyediakan stand/gerai seperti usaha kafe, laundry, batik, hasil kerajinan tangan, dan juga toko kelontong.

Saat ini, gerai SKA sudah tersebar di sejumlah tempat seperti Balai Pangudi Luhur Bekasi; Balai Besar Kartini Temanggung; Balai Antasena Magelang; Balai Ciungwanara Bogor; Balai Mulyajaya Jakarta, Balai Toddopuli Makassar, Balai Mahatmiya Bali, Balai Paramita Mataram, Balai Dharma Guna Bengkulu dan Balai Nipotowe Palu. (Beben/Soet)