Pariwisata Indonesia, Foto Presiden Joko Widodo
Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi beserta Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sebelum bertolak menuju Kaltim, Minggu (13/03/2022).( (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Jokowi Lakukan Pertemuan dengan Gubernur se-Indonesia di Balikpapan Malam Ini

PariwisataIndonesia.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan seluruh gubernur dan Kepala Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (13/3/2022) malam ini.

Baca juga : Di Balik Pesan Ritual Kendi Nusantara, Jokowi: IKN Diidentikkan Penuh Kebhinekaan dan Persatuan yang Kuat

Hal tersebut terungkap melalui pernyataan yang disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gubernur Kaltim Syafranuddin mengatakan, pertemuan akan digelar tertutup di Novotel Balikpapan. Dalam pertemuan tersebut turut terlibat para tokoh di Kaltim.

“Semua gubernur sudah tiba di Balikpapan. Alhamdulillah sudah semua. Ada Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta) Ridwan Kamil (Gubernur Jabar) Ganjar (Gubernur Jateng) ada semua,” ungkap Jubir Gubernur Kaltim dilansir Kompas.com, Minggu (13/3/2022).

Dalam penjelasannya kepada Kompas.com, pria yang akrab disapa Ivan mengaku tak tahu agenda pembahasan dalam pertemuan tersebut.

“Itu belum tahu juga saya kalau yang dibahas,” kata Ivan.

Baca juga :  Kesan dan Harapan Para Gubernur terhadap IKN, Begini Kata Anies ..”

Lebih lanjut, katanya, malam ini semua rombongan termasuk Presiden Jokowi akan menginap di Balikpapan.

Baru esok paginya, persisnya pukul 07.30 Wita, Senin (14/3/2022), sambungnya lagi, Presiden beserta rombongan gubernur akan berangkat menuju ibu kota negara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dari Balikpapan.

Selanjutnya, di titik nol IKN, masih kata Ivan, Presiden Jokowi akan menggelar upacara prosesi Nusantara Satu.

Tak cuma itu saja, di antara bocoran berikutnya, Ivan menambahkan kembali, dilakukan prosesi penyatuan tanah dan air yang disiapkan masing-masing gubernur se-Indonesia.

Di sisi lain, rombongan tersebut juga akan melakukan penanaman pohon.

“Setelah itu seluruh gubernur ke Balikpapan untuk pulang ke daerah masing-masing. Hanya lima gubernur di Kalimantan yang menginap di IKN bersama Jokowi,” pungkasnya. (Soet)