Makan Enak di Bogor, Rekomendasi Jokowi yang Lagi Hitz!

Martabak Kiki. Sumber Foto : Tribunnews.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Kota Hujan, Bogor punya banyak destinasi kuliner yang enak-enak. Kamu bisa mencobanya, terutama yang sering dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sudah lima tahun ini saya dan keluarga bermukim di Bogor, Kota Hujan dengan Kebun Raya luas, dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya. Di kota ini terdapat begitu banyak rumah makan, modern dan tradisional, dengan resep dunia atau Nusantara. Apalagi jenis makanan Sunda dan Jawa. Ini tiga di antaranya, baik yang pernah saya undang ke istana atau saya yang datang ke sana,” tulis Instagram @Jokowi, dikutip Senin (25/11/2019).

Di mana aja tempat makan enaknya? Ini dia..

1. Martabak Kiki

Martabak Kiki menjadi salah satu kuliner yang wajib dikunjungi saat kamu berkunjung ke Bogor. Martabak ini berlokasi di kawasan jalan Pahlawan No.35A, RT.01/RW.10, Bondongan, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Martabak Kiki yang bahan-bahannya masih segar, tanpa bahan pengawet, dan diracik langsung oleh pemilik,” tulis Jokowi.

2.Restoran Kluwih

Biasanya restoran khas Sunda identik dengan bangunan dengan interior tradisional. Namun, saat kamu berkunjung ke restoran ini malah menemukan bangunan restoran bergaya arsitektur modern tapi tetap terkesan hangat dan asri.

Arsitekturnya unik, didominasi aksen kayu. Tempatnya dipenuhi tanaman serba hijau. Teduh. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah pohon kluwih yang berada di tengah-tengah restoran. Resto Kluwih berada di Jalan Binamarga II No 27 yang dekat dengan gerbang tol Bogor.

Restoran Kluwih yang menyajikan makanan Sunda dengan cara unik: dihampar di atas lembaran daun pisang di atas meja kayu dan dinikmati rame-rame. Pernah mencoba cumi balakutak? Atau minuman es tape kluwih? Di sini tempatnya,” kata Jokowi.

3. Sate Tegal Laka-Laka

Ini menjadi salah satu tempat makan yang direkomendasikan. Sate kambingnya gak alot ya Gaaees! pokoknya lembut dah, dan gak bau kambing. “Sate Tegal ‘Laka-Laka’. Tahu arti laka-laka? Rupanya, dalam bahasa Tegal: artinya gak ada duanya hehe. Di sini ada sate kambing muda dan tengkleng yang enak.”