Mengenal Pakaian Adat Aceh

Indonesia yang kita kenal memiliki beraneka ragam adat dan istiadat, bermacam-macam suku dan bahasanya yang berbeda-beda dari setiap daerah di Indonesia. Nah kali ini kami akan mengenalkan pakaian adat dari Provinsi Aceh, yang kami kutip dari, perpustakaan.id. Yang bisa menambah informasi kamu tentang pakaian adat dari Aceh. Yuk kita simak di bawah ini.

Pakaian Adat Aceh Gayo
Pakaian Adat Aceh Gayo, foto: perpustakaan.id

Pakaian adat Aceh Gayo

Pakaian adat Aceh gayo merupakan baju adat Aceh untuk pengantin wanita, Aceh tenggara mengenalnya dengan nama Ineun Mayok. Bagian-bagiannya adalah baju, kain sarung, pawak, dan ikat pinggang ketawak. Sedangkan bagian perhiasannya adalah mahkota sunting, sanggul sempong, gempang, cemara, lelayang yang menggantung dibawah sanggul, ilung-ilung, anting-anting subang gener dan subang ilang, dan semuanya akan diletakkan di sekitaran kepala.

Pada bagian lehernya akan digantungkan kalung tanggang yang terbuat dari perak dan juga uang perak tanggang ringgit dan juga tanggang birah-mani. Dan juga diberi benggong yang terbuat dari manik-manik. Pada bagian lengannya kan dihiasai dengan gelang, diantaranya adalah gelang giok, gelang puntu, gelang bullet, gelang ikel dan juga akan dikenakan cincin semsil belah keramil, semsin genta, semsin paku dan beberapa jenis semsin lainnya.

Pada bagian kaki juga kan diberi gelang kaki, dan pada bagian pinggang akan diminta untuk mengenakan ikat pinggang dari rantai genti ranta. Unsur pada pakaian lainnya yang sangat penting adalah ulen-ulen selendang dengan ukuran yang relatif lebar. Baju adat Aceh memang memiliki keunikan dan ciri khas dibandingkan dnegan baju-baju adat di daerah lainnya. Meski daerah lain juga tentu memiliki keunikan dan cirri khas tersendiri.

Pakaian Adat Wanita Aceh Daro Baro
Pakaian Adat Wanita Aceh Daro Baro, foto: perpustakaan.id

Pakaian Adat Wanita Aceh Daro Baro

Pakaian adat Aceh wanita seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pakaian adat Aceh untuk wanita adalah Daro Baro. Pada bagian pakaian adat Aceh untuk wanita ini memiliki bagian-bagiannya sendiri, yaitu baju kurung, celana cekak musang, penutup kepala dan juga perhiasan.

Baju kurung yaitu baju yang dinekana untuk wanita dengan lengan panjang. Pada baju ini terdapat kerah dan juga motif sulaman dari benang emas yang memiliki cirri khas tersendiri seperti pada baju china. Baju ini cukup besar dan akan sangat gombor jika dikenakan. Hal ini dilakukan agar dapat menutup seluruh tubuh si wanita sehingga tidak terbentuk setiap lekuk tubuhnya. Baju kurung ini perpaduan antara kebudayaan melayu, arab dan juga tionghoa.