Menikmati Gulai Ikan Mangut yang Lezatos!

Gulai Ikan Mangut. sumber foto : cookpad.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Liat gambar di atas aja udah ngiler ya,  karena godain selera bangetzz. Apalagi kamu yang emang suka makan berbagai jenis ikan. Nah, kali ini kami menampilkan masakan ikan asap. Namanya Mangut.  Biasanya mangut berasal dari jenis ikan laut seperti ikan tongkol, ikan pari, ikan mayung dan lain sebagainya. Dinamakan ikan asap, karena teknik memasaknya dengan cara pengasapan, menggunakan arang.

Rasa mangut pasti lezatos. Memadukan kekhasan rasa dari ikan asap dengan gulai santan berkuah pedas. Dihirup kuahnya, enak menambah selera makan. Bagi yang suka pedas, ada irisan cabai, tinggal dikunyah aja langsung terasa pedasnya.

Menikmati gulai mangut dengan nasi putih pulen yang ngebul. Indahnya dunia..

sumber foto : koran-jakarta.com

Gaaees..hidangan mangut ini terkenal di kawasan pesisir utara dan pesisir selatan Pulau Jawa. Di pesisir utara Jawa, mangut cukup beken di Semarang, Pati, Rembang hingga pesisir utara Jawa Timur. Sedangkan di pesisir selatan, mangut dikenal di wilayah Jogja, Solo, Semarang.

Di wilayah Pantai Selatan Jawa, mangut dikenal kurang pedas, lebih bersantan dan lebih gurih, dengan sedikit bumbu terasi yang cukup terasa.

Di Yogyakarta, mangut bahan ikannya dari lele asap atau ikan lele goreng, sedangkan di sekitar Semarang, mangut dibuat dari ikan pari asap, kadang juga ditambah tahu goreng. Sedangkan di daerah-daerah Pantai Utara Jawa, mangut selalu disajikan sangat pedas dengan bumbu-bumbu yang juga mencitrakan kesan garang.

Semakin bagus kualitas ikan asap, biasanya rasa sajian akan semakin nikmat. Untuk mendapatkan ikan asap dengan kualitas bagus juga sangat bergantung dari kualitas ikan yang akan digunakan serta teknik pengasapannya. Pengasapan dengan batok kelapa dapat memberikan aroma yang lebih enak, tercium harum bumbunya.

Waaahh nikmatnya Gaaees, jadi pengen nambah terus..