Mulai Hari Ini, PT KAI: KA Pangrango Layani Tiga Kali Perjalanan Paledang-Sukabumi

Pariwisata-Indonesia, Berita Pariwisata Hari Ini
Ilustrasi gambar: Pihak KAI mewajibkan penumpang KA untuk disiplin dalam menenerapkan protokol kesehatan selama perjalanan dimulai dari stasiun keberangkatan/kedatangan menuju stasiun bersilang, bersusulan, hingga berhenti di stasiun tujuan. (Foto: Media PI/Dok. HO-KAI)

PariwisataIndonesia.ID, Jakarta – PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta akan memberlakukan jadwal baru keberangkatan Kereta Api (KA) Pangrango yang melayani penumpang dari Stasiun Bogor Paledang – Sukabumi pulang pergi (PP) mulai hari ini, Selasa, 17 Mei 2022.

KA Pangrango akan dioperasikan tiga kali perjalanan pulang pergi (PP) setiap harinya dengan relasi Stasiun Bogor Paledang sampai Stasiun Sukabumi, dan melayani naik turun penumpang di sejumlah stasiun pemberhentian lain, seperti Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah, Cisaat, dan Sukabumi.

“Keberangkatan paling pagi dari Stasiun Bogor Paledang yakni berangkat 08.30 WIB dan tiba di Sukabumi pukul 16.30 WIB,” kata Kepala Humas Daop 1 Jakarta PT KAI, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis, Senin, 16 Mei 2022.

Kemudian keberangkatan kedua berangkat dari Stasiun Paledang pukul 14.30 WIB dan tiba di Sukabumi pukul 16.30 WIB. Yang ketiga, berangkat dari Bogor pukul 20.00 WIB dan tiba di Sukabumi pukul 22.00 WIB.

“Untuk keberangkatan dari Sukabumi paling pagi mulai 05.30 WIB dan tiba di Bogor Paledang pukul 07.30 WIB,” sambungnya.

Keberangkatan kedua dari Sukabumi pukul 11.25 WIB dan tiba di Bogor Paledang pukul 13.25 WIB. Kemudian keberangkatan terakhir dari Sukabumi mulai 17.25 WIB sampai di Bogor Paledang pukul 19.25 WIB.

KA Pangrango telah melayani sebanyak 77.413 penumpang sejak beroperasi kembali pada 10 April 2022 hingga 16 Mei 2022. Rangkaian ini terdiri dari 2 kereta eksekutif dan 4 kereta ekonomi.

Untuk kelas eksekutif KA Pangrango seharga Rp 80 ribu dan tiket kelas ekonomi Rp 40 ribu. Penumpang diimbau untuk melakukan pembelian tiket melalui KAI Access yang dapat dilakukan 60 menit sebelum keberangkatan.

Adapun syarat untuk naik KA lokal ini angara lain wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama, tidak wajib menunjukkan surat keterangan negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Sementara itu, pelanggan usia di bawah usia 6 tahun tidak wajib vaksin atau tes Antigen, tetapi wajib didampingi pendamping dewasa yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Selain itu, penumpang Kereta Api Lokal tetap harus memakai masker 3 lapis, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, tidak kerumunan, dan dalam kondisi sehat dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius. (eny)

Editor     :   Eny R
Sumber :   Tempo.co