Tips Liburan Menyenangkan Walau Musim Hujan

sumber foto : alinea.id

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Musim hujan diprediksi masih berlangsung sampai bulan Februari nanti ya Gaaees..
Namun, liburan atau rekreasi kamu akan tetap menyenangkan kendati menghadapi cuaca yang lebih dingin karena seringnya turun hujan.

Untuk meminimalkan risiko yang dihadapi saat musim hujan, kamu perlu persiapan matang sebelum memulai perjalanan berlibur. Kami kutip dari traveltriangle.com, berikut yang perlu kamu perhatikan saat berlibur di musim hujan seperti ini.

1.Cek Kondisi Kendaraan

Terutama bila kamu berlibur dengan naik kendaraan pribadi lewat jalur darat. Ada baiknya mengecek kondisi kendaraan dengan membawanya ke bengkel. Cuaca dingin di musim hujan akan berpengaruh pada performa mesin kendaraan.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan ban, wiper kaca depan, lampu depan, dan rem mobil kamu berfungsi dengan baik. Jangan sampai kesalahan-kesalahan kecil akan menggagalkan liburan kamu bersama keluarga tercinta.

2.Pantau Berita Cuaca

Hujan tak bisa dihindari, tapi bisa diprediksi. Bagi kamu yang berlibur, baik dengan kendaraan pribadi atau trasportasi massal seperti kereta api atau pesawat, ada baiknya terus memantau berita cuaca.

Jika sambil berkendara di mobil, kamu dapat mendengarkan radio yang menyiarkan perkiraan cuaca. Untuk pengguna transportasi umum, kamu juga bisa dengan mudah mengikuti pantauan berita cuaca di internet. Hal ini untuk menghindari keterlambatan karena kondisi cuaca dan juga keselamatan dan kenyamanan kamu agar tidak terjebak hujan deras di tengah perjalanan.

sumber foto : ist

3.Berkendara Perlahan

Bagi kamu yang mengendarai mobil untuk berlibur, pastikan berkendara dalam kecepatan stabil. Tak hanya saat cuaca cerah, mengendara saat hujan juga disarankan harus stabil. Terutama, hati-hati, dan terus perhatikan rambu-rambu lalu lintas.

Bukan hanya saja jalanan yang licin, derasnya air hujan yang jatuh di kaca depan mobil kamu tentu akan mengurangi fokus pandangan pada jalanan di depan. Jangan berambisi untuk menyalip atau berpacu terus menerus saat hujan semakin deras, banyak kecelakaan terjadi karena kehilangan kendali saat berkendara.

4.Periksa Kembali Jadwal Kamu

Selain menentukan destinasi wisata dan membuat list kegiatan yang akan kamu lakukan saat liburan, kamu juga tak boleh lupa untuk memperhatikan waktu liburan. Waktu berangkat, estimasi selama perjalanan hingga tiba dari satu destinasi ke destinasi yang lain, dan waktu istirahat kamu adalah daftar yang harus diperhitungkan. Jangan sampai liburan kamu jadi berantakan karena pengaturan waktu yang kurang baik.

Terlebih saat musim hujan, setelah memprediksi perkiraan waktu akan hujan kamu bisa menentukan jadwal kapan kamu berangkat, kamu bisa memutuskan untuk berangkat lebih awal untuk menghindari jalanan licin.

5.Siap dalam Keadaan Darurat

Kamu yang berlibur mengendarai mobil juga perlu memperhatikan kondisi terburuk saat hujan, misalnya terjebak di tempat yang sulit akses seperti pegunungan atau desa yang sepi.

Beberapa peralatan darurat juga perlu kamu siapkan sebelum berangkat liburan, di antaranya senter. Siapkan senter tahan air, payung atau jas hujan dalam kendaraan. Jika sewaktu-waktu mobil kamu mengalami masalah mesin, kamu bisa turun dan mengeceknya sendiri.

Untuk kenyamanan selama perjalanan, tak ada salahnya kamu menyiapkan pakaian lebih dan lotion anti nyamuk. Tak ketinggalan powerbank agar ponsel kamu tetap aktif untuk menghubungi bengkel atau ambulans saat dalam keadaan darurat.

Payung dan jas hujan juga tak boleh dilupakan saat kamu berlibur menaiki transportasi umum. Tak mau kan basah kuyup gara-gara ketinggalan barang tersebut./e