Dato Sri Tahir Jual Aset Imbas Covid-19

Dato Sri Tahir foto
Dato Sri Tahir foto

Wabah Corona ini melibas semua tak kecuali dengan Chairman Mayapada Group dan Tahir Foundation, Dato Sri Tahir. Tsunami Virus Covid-19 juga terjadi pada Dato Sri Tahir. Ia baru saja menjual tiga aset berupa gedung yang dimilikinya kepada PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) dengan nilai spektakuler sebesar Rp 3,5 triliun.

Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi menyebut ada tiga aset yang dibeli dari Dato Sri Tahir, Menara Topas yang ada di Jakarta, Mayapada Complex di Surabaya, dan Plaza Bali di Bali.

“Nilai Transaksi pembelian tiga aset ini yang dikeluarkan Bank Mayapada senilai Rp 3,5 triliun,” sebut Dirut Mayapada, Jakarta, Selasa (28/4)

Baca Juga:  Tahir Foundation dan Mayapada Group Berikan Donasi Hadapi Wabah Corona

Ia memberikan rincian sudah membeli Menara Topas sebesar hingga Rp 1,5 triliun dan dibayarkan kepada PT Perdana Tangguh Abadi (PTA).

Dan membayarkan ke PT Menara Bumi Sejahtera (MBS) selaku pemilik Mayapada Complex sebesar Rp 1 triliun.

Serta membeli Plaza Bali senilai Rp 1 triliun, diserahkan uangnya pada PT Gatsu Graha Megatama (GGM).

“Kami dengan ketiga perusahaan penjual memiliki hubungan afiliasi karena sama-sama dikuasai Dato Sri Tahir,” rinci Dirut Mayapada.

Adapun, sumber dana pembelian ketiga aset dianggarkan dari dana kas internal. Dimana, nantinya dana tersebut akan disetor lagi oleh para penjual kepada perseroan sebagai dana setoran modal.

“Transaksi ini tidak akan mengganggu kondisi keuangan kami malah memperkuat permodalan. Kemudian, dengan pembelian ini membuat kami tidak perlu lagi menyewa kantor-kantor yang sebelumnya sewa,” Penjelasan Dirut Hariyono.