Gubernur Sumut Resmikan Instalasi Pembibitan Ternak Sapi, Dorong Palas Jadi Lumbung Ternak

Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group,BERITA PEMPROV SUMUT,GUBERNUR SUMUT RESMIKAN INSTALASI PEMBIBITAN TERNAK SAPI,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Bersama Istri (Dok.Humas Pemprov Sumut)

PariwisataIndonesia.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan instalasi pembibitan ternak sapi potong di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas), pada Selasa (15/6/2021).

Saat ini, instalasi pembibitan ternak sapi baru memiliki kandang seluas 6 hektare (ha) dan menampung 300 ekor sapi. Selain itu, juga telah memiliki lahan pengembangan rumput atau pakan ternak seluas 16 ha.

Dalam rencananya ke depan, jenis sapi yang akan dibesarkan bermacam-macam, mulai dari Brahman hingga Limosin. Begitu juga dengan jenis rumput yang ditanam, mulai dari odot, kingres hingga pakcong.

Orang nomor satu di lingkungan Pemprov Sumut berharap dengan diresmikannya instalasi ini, Palas dapat menjadi salah satu lumbung ternak di Sumut. Sambungnya, saat ini produksi daging sapi di Sumut baru berkisar 23 persen dari kebutuhan masyarakat Sumut.

“Kita (Sumut) kekurangan daging, untuk itu, kehadiran instalasi pembibitan ternak sapi potong ini diharapkan dapat menggenjot produksi daging sapi kita,” ujarnya.

Kepala Seksi Pengembangan dan Produksi Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pembibitan Ternak Unggas dan Sapi Sihitang, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Yunas menambahkan, selama ini Sumut kesulitan mendapatkan bibit sapi unggul.

Sehingga bibit sapi terpaksa diambil dari luar Sumut, “Instalasi ini diharapkan dapat memenuhi ketersediaan bibit juga, selama ini kita kesulitan mendapatkan bibit unggul, kita harus dari luar mendapatkannya,” kata Yunas.

Berikutnya, instalasi ini pun berfungsi sebagai tempat edukasi dan pelatihan bagi masyarakat yang ingin mempelajari pembibitan ternak sapi.

Oleh karenanya, sambung Yunas, pihaknya akan menggandeng kelompok peternak sapi guna memberdayakan masyarakat. Instalasi tersebut juga bisa menjadi tempat agrowisata.

Wakil Bupati Padang Lawas Ahmad Zarnawi Pasaribu mengapresiasi pembangunan instalasi pembibitan ternak sapi potong di Palas. Menurutnya hal tersebut akan membuat Palas sebagai lumbung pangan ternak di kawasan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“Terima kasih Bapak Gubernur yang telah membangun instalasi pembibitan ternak sapi potong yang manfaatnya untuk menunjang masyarakat Palas, sehingga Palas kembali sebagai lumbung ternak Tabagsel, mudah-mudahan ini bermanfaat,” katanya.