HPN 2021, Dirut Telkom: Bersiap Luncurkan Platform Distribusi Media Online

Dirut Telkom, Ririek Adriansyah

PariwisataIndonesia.id – Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Ririek Adriansyah berencana membuat platform untuk distribusi konten media, sebagai dukungan kepada industri media dalam negeri di tengah disrupsi platform digital asing. Diungkapkannya dalam Konvensi Nasional Media Massa pada peringatan Hari Pers Nasional 2021, Senin kemarin.

Baca juga :  Hari Pers Nasional 2021, Antara Harapan dan Kenyataan

Ririek mengatakan, adanya pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan tingkah laku masyarakat, termasuk dalam mencari informasi. Apalagi dengan adanya media sosial, di mana informasi begitu cepat tersebar.

“Dengan hadirnya media sosial dan berbagai platform digital, bagaimana orang berkomunikasi dan menyampaikan informasi menjadi sangat berbeda. Sekarang ini kita sebagai individu pun juga bisa menjadi sumber berita yang cepat, meskipun sebagian belum tentu kredibel,” kata Ririek Adriansyah dalam acara Konvensi Nasional Media Massa, Senin (8/2) kemarin.

Dikatakan Ririek secara virtual, kondisi ini menjadi tantangan besar bagi para publisher atau pelaku media. Sebab sumber berita kini menjadi lebih banyak, meskipun kredibilitasnya sebagian masih diragukan. Banyak berita di media sosial yang dimanipulasi, sehingga membahayakan pembacanya.

“Jadi, bagaimanapun juga media massa yang menyampaikan berita itu masih akan dibutuhkan. Yang berbeda (dengan media sosial) mungkin cara penyampaiannya. Berita yang kredibel, yang akurat dari media massa, itu masih sangat diperlukan. Tanpa itu, kita juga akan menjadi ketinggalan,” tuturnya.

Pria lulusan elektro ITB angkatan 1982 ini dikenal luas sebagai orang nonor satu di Telkomsel mengakui, kompetisi antara media massa dengan media sosial atau platform digital dalam mendapatkan iklan juga sangat besar. Dari sisi brand, saat ini semakin banyak opsi untuk beriklan.

“Kita sebagai brand semakin banyak opsi dan semakin bingung. Kita perlu tahu mana yang paling tepat untuk pasang iklan. Sehingga data analytic atau big data menjadi sangat penting agar produk yang kita iklankan tepat sasaran,” kata Ririek.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate akan terus mendukung mitra-mitra kerja yang terkait, termasuk Kementerian Hukum dan Ham, Dewan Pers, pelaku dan asosiasi industri media, serta ekosistem media secara keseluruhan untuk menyusun regulasi terkait hak pengelola media (Publisher Rights) guna merespons tuntutan perkembangan dan kemajuan digital. (Kusmanto/Eh/rS)


Foto Headline: itworks.id