Kepala BNN Bertolak ke Bali Kuatkan P4GN Lewat Desa Bersinar Bagi Sembako Dukung 10 Atlet Bali Berlaga di PON XX Papua hingga Resmikan GOR

Kepala BNN Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose melakukan kunker ke Pulau Dewata, pada Selasa, (7/9, untuk perkuat pelaksanaan P4GN dan prekursor narkotika lainnya di Pulau Seribu Pura ini. Mengawali serangkaian agenda kerjanya selama beberapa hari ke depan, pentolan reserse yang kini menjadi pemburu penjahat narkoba menandaskan narkoba ancaman serius bagi bangsa Indonesia, bikin generasi penerus bangsa nelangsa. Mantan Kapolda Bali mengingatkan, narkoba adalah musuh kita bersama, jangan sampai merenggut masa depan. Berikut ulasannya.
KEPALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) KOMJEN POL DR. PETRUS REINHARD GOLOSE,BADAN NARKOTIKA NASIONAL DISINGKAT BNN REPUBLIK INDONESIA,BERITA BNN,KEPALA BNN MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE BALI PERKUAT P4GN,HANI 2021,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,KEPALA BAGIAN PUBLIKASI DAN MEDIA SOSIAL BIRO BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI HANNY ANDHIKA,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA PVK GRUP,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIIWSATA BALI,PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose melakukan kunjungan kerja ke Bali, Selasa, 7 September 2021

PariwisataIndonesia.ID – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Bali, pada Selasa, 7 September 2021.

Dalam kunkernya, mantan Kapolda Bali ingin menguatkan pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (disingkat P4GN) dan prekursor narkotika lainnya di wilayah Pulau Seribu Pura ini.

Mengingat, Pulau Dewata menjadi ikon pariwisata nasional yang sudah mendunia. Untuk itu, Kepala BNN Petrus Golose langsung bergerak cepat memantau penanganan permasalahan narkoba yang dilakukan oleh BNN Provinsi beserta BNN Kabupaten/Kota.

Mengawali serangkaian agenda kerjanya selama beberapa hari ke depan, Kepala BNN Petrus Golose, juga membagikan 250 paket Sembako kepada masyarakat Bali di wilayah Denpasar, Gianyar, dan Karangasem sebagai bentuk kepedulian BNN di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Untuk di Denpasar BNN RI dan BNNP yang bagikan langsung ada 100 paket. Untuk di Gianyar 50 paket dan Karangasem 100 paket. Sementara di dua tempat itu akan dibagikan oleh BNNK masing-masing,” kata Kepala BNN, Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose saat lawatan pertamanya di Bali, pada Selasa (7/9).

KEPALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) KOMJEN POL DR. PETRUS REINHARD GOLOSE,BADAN NARKOTIKA NASIONAL DISINGKAT BNN REPUBLIK INDONESIA,BERITA BNN,KEPALA BNN MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE BALI PERKUAT P4GN,HANI 2021,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,KEPALA BAGIAN PUBLIKASI DAN MEDIA SOSIAL BIRO BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI HANNY ANDHIKA,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA PVK GRUP,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIIWSATA BALI,PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Kepala BNN Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose memberikan pengarahan kepada 10 atlet yang tergabung dalam Perbakin Provinsi Bali yang berlaga pada PON XX di Papua / Foto: Istimewa

Selain membagikan Sembako, kehadiran Kepala BNN diminta untuk ikut memberikan pengarahan kepada 10 atlet yang tergabung dalam Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Provinsi Bali yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

“Target tiga emas itu tidak muluk-muluk. Selain persiapan yang sudah matang para atletnya juga sudah teruji. Ada yang sudah berlaga ditingkat Asia. Karena kecintaan saya kepada Bali saya menyiapkan putera dan putri terbaik Bali,” ujar Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Bali masa bhakti 2018-2022.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di lingkungan BNN berharap melalui dukungan yang ia berikan ini, semoga memantik semangat para atlet untuk mengerahkan seluruh kemampuannya dengan memberikan hasil yang maksimal di PON yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

Setelah dirinya melepas para atlet. Selanjutnya, Kepala BNN meresmikan Gelanggang Olah Raga (GOR) yang berada di kawasan Gatot Subroto, Denpasar, Bali.

Kepala Bagian (Kabag) Publikasi dan Media Sosial Biro Biro Humas dan Protokol (Humpro) BNN RI, Hanny Andhika mengatakan, peresmian GOR ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan Kepala BNN untuk memfasilitasi para atlet khususnya generasi muda melakukan aktivitas yang sehat agar terhindar dari penyalahgunaan Narkoba.

Dalam keterangan resminya kepada redaksi PariwisataIndonesia.ID, Hanny memaparkan temuan dari penelitian yang dilakukan pihak BNN tahun 2019, prevalensi penyalahgunaan Narkoba dalam kategori “pernah pakai” di Provinsi Bali adalah sebanyak 0,60%. Sedangkan prevalensi dalam kategori “pakai” setahun terakhir adalah sebesar 0,30%.

Untuk itu, Kepala BNN Petrus Golose menegaskan Bali adalah jantung pariwisata di Indonesia. Maka, salah satu provinsi dengan tingkat kerawanan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba yang tinggi masuk saku depannya dan menjadi prioritas untuk segera diatasi.

Terkait hal tersebut, arah kebijakan yang diambil oleh Petrus Golose adalah P4GN yang profesional dan proporsional, seperti gencar melakukan upaya soft approach melalui sejumlah program, dan program Desa Bersih Narkoba (disingkat BERSINAR), serta mengajak semua pihak agar bersinergi dan paralel, harus dari hulu ke hilir secara simultan dan masif.

Ditambah lagi, kata Hanny, perang melawan narkoba sejatinya tetap dalam bingkai human right dan patut pula untuk mendorong pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba dan bahayanya kejahatan narkotika ini.

Oleh karenanya, Kepala BNN mengarahkan kepada pemakai aktif agar mau direhabilitasi, upayanya siap mengoptimalkan guna pendampingan tersebut. Di sisi lain terus melakukan kolaborasi dan sinergitas dengan para pemangku kepentingan baik di tingkat nasional, regional sampai ke tingkat internasional.

Di akhir kunjungan pertamanya, pentolan reserse yang kini menjadi pemburu penjahat narkoba menandaskan narkoba ancaman serius bagi bangsa Indonesia, bikin generasi penerus bangsa nelangsa. Kepala BNN Petrus Golose mengingatkan, narkoba adalah musuh kita bersama, jangan sampai merenggut masa depan. (Soet/Eh)