Kutai Kartanegara, Ibu Kota Indonesia Masa Depan

sumber foto : nativeindonesia.com

Kalimantan Timur bakal menjadi kawasan Ibu Kota baru Indonesia. Di antara, daerah yang dipilih adalah Kutai Kartanegara.

Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara berada di Tenggarong. Kutai Kartanegara memiliki lokasi yang sangat strategis untuk penempatan sebuah ibu kota negara. Dilintasi sungai terpanjang kedua di Indonesia, Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten besar di Kalimantan Timur, seperti Bulungan, Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Kutai Barat.

Letak geografisnya pun cukup sempurna di mana terdapat gugusan gunung dan pengunungan yang mengelilingi hampir di semua kecamatan. Dengan luas wilayah mencapai 27.263,10 kilometer persegi dan luas perairan sekitar 4.097 kilometer persegi, Kutai Kartanegara adalah lokasi yang tepat untuk menyelenggarkan aktivitas pemerintahan.

Danau Semayang. Sumber Foto : ist/fb

Menjadi rumah bagi delapan suku asli, mulai dari Suku Kutai hingga Suku Dayak, Kutai Kartanegara dihuni lebih dari 750 ribu jiwa dengan pertumbuhan penduduk mencapai 2,32 persen per tahun. Pertumbuhan penduduknya pun diimbangi dengan perkembangan infrastrukur yang tersebar di 18 kecamatan, mulai dari Samboja hingga Tabang.

Destinasi wisata di Kutai Kartanegara juga cukup banyak, antara lain ada Danau Semayang dengan luas 13 hektare, kemudian memiliki kawasan konservasi orangutan di Samboja Lestari. Di sana, para wisatawan gak cuma bisa melihat keunikan dari orangutan khas Kalimantan, tetapi juga melihat cara mereka hidup di alam bebas.

Buat yang suka dengan wisata menantang, kawasan Bukit Bangkirai di Samboja bisa jadi pilihan yang tepat. Di sana, kamu bisa menyusuri hutan sejuk yang menjadi kediaman sekitar 2,800 flora dan fauna yang dilindungi.

Festival Erau. Sumber Foto : detik.com

Kutai Kartanegara juga kaya wisata budaya seperti festival berskala nasional dan internasional, yakni Festival Erau, Adat Kutai and International Folk Art Festival. Ribuan orang akan tumpah ke jalanan Tenggarong, ibukota dari kabupaten Kutai Kartanegara untuk menampilkan berbagai macam kesenian.

Mulai dari parade budaya internasional, panggung kesenian rakyat internasional, festival kesenian daerah Kutai, street performance, pesta tradisional Beseprah, hingga ritual Belimbur.