Menpora Amali Pastikan Penyelenggaraan PON XX Papua Aman

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,BERITA MENPORA,BERITA PON PAPUA XX,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,KABAR PON PAPUA XX,MEDIA PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,MENPORA AMALI PASTIKAN PENYELENGGARAAN PON XX PAPUA AMAN,MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA ZAINUDIN AMALI,PARIWISATA INDONESIA,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (Dok.Humas Menpora)

PariwisataIndonesia.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua pada 2-15 Oktober 2021 berjalan dengan aman.

Hal itu, ia sampaikan seusai mengikuti rapat kabinet terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna membahas persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua. Rapat terbatas tersebut digelar secara virtual melalui konferensi video, Selasa (13/07/2021).

Menpora Amali yang memberikan keterangan pers selepas rapat terbatas menjelaskan bahwa dalam rapat tersebut dibahas antara lain tentang kesiapan infrastruktur baik tempat pertandingan hingga akomodasi penginapan bagi para atlet, ofisial, dan anggota kontingen lainnya.

“Secara keseluruhan bahwa kesiapan dari prasarana itu sudah sekitar 90-an persen, yang tersisa adalah melakukan finishing dan juga pengisian peralatan atau perlengkapan di dalam baik itu tempat penginapan atau akomodasi maupun venue. Misalnya, harus ada segera kita masukkan AC, water heater, tempat tidur, lainnya itu menjadi tanggung jawab dari PB PON dan lain-lainnya,” kata Menpora Amali seperti dikutip dalam siaran persnya di saluran Youtube Sekretariat Presiden., Selasa (13/7).

Dalam kesempatan yang sama ia juga menegaskan terkait aksi kekerasan kriminal bersenjata (KKB) di Mimika atau daerah lainnya di Papua pada beberapa waktu lalu.

Menjawab hal itu, Menpora Amali meyakinkan bahwa lokasi arena pertandingan PON tersebut jauh dari lokasi kejadian.

“Soal keamanan, kami berkali-kali diyakinkan panitia besar. Apa yang kita dengar informasi yang terjadi, jauh di luar dari tempat-tempat dilaksanakannya pertandingan,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya sangat percaya dengan informasi yang disampaikan panitia besar PON XX dan Pemerintah Provinsi Papua yang memastikan semua itu akan berjalan aman.

“Kami percaya informasi yang disampaikan oleh PB PON, pemerintah Papua,” katanya meyakinkan lewat virtual.

Dirinya memandang perlu menyampaikan itu, karena banyak pihak ingin memastikan dan mempertanyakan keamanan pelaksanaan PON XX, juga  khawatir aksinya tersebut terulang kembali sehingga mengganggu penyelenggaraan PON XX.

Redaksi Pariwisata Indonesia mencatat, masyarakat di Provinsi Papua resah keberadaan KKB dan momok mengacaukan Pesta Akbar yang digelar empat tahun sekali.

“Yakin lah, aparat keamanan TNI dan Polri sudah mengantisipasi dan menyiapkan apabila ada hal-hal yang muncul, baik yang muncul maupun selama penyelenggaraan PON. Insyaallah tidak ada masalah,” ujar Amali.

Mengomentari hal tersebut, Menpora menjawabnya bahwa sudah mendapatkan dukungan baik dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo maupun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, sambungnya, keduanya telah merancang sebuah strategi agar PON berjalan aman.

“Dari sisi keamanan tadi Pak Kapolri dan Panglima TNI menyampaikan tentang dukungan penuh dari Pak Panglima dan Pak Kapolri, bahkan tadi sudah menyampaikan tentang hal hal yang akan dikerjakan oleh kedua institusi itu,” pungkasnya. (Indah Ms/Eh)