Pengamat: Sea Today Layak Didukung

Dhoni Kusmanhadji selaku pengamat media merupakan praktisi yang bekerja sebagai produser berita di TVRI Nasional, memberikan pandangan positif kemunculan TV Digital Sea Today, "Menyambut baik diluncurkannya TV Telkom bernama Sea Today dan Layak Didukung," ujar Dhoni saat diwawancara redaksi PariwisataIndonesia.id, pada 5 November 2020. Seperti apa bentuk dukungannya, simak ulasan berikut ini!
#ayonontonseatoday, Dhoni Kusmanhadji, Kanal Berita SEA Today, Berita Sea Today, Telkom Luncurkan Saluran Berita Sea Today, Ayo Nonton Sea Today, Sea Today milik Telkom Group, PT Metra Digital Media (MDM), Televisi Republik Indonesia (TVRI), Berita Pariwisata Indonesia, Pariwisata Indonesia, Media PVK Group, Situs Pariwisata Indonesia, Sea Today Tayangan Menginspirasi, situs pariwisata, media pvk situs pariwisata terfavorit, pariwisata di indonesia, situs pariwisata indonesia paling top, situs online pariwisata indonesia, situs online wisata di indonesia, cari situs pariwisata indonesia, Pengamat Media Dhoni Kusmanhadji
Dhoni Kusmanhadji Produser Berita di TVRI Nasional, Foto: Istimewa

Redaksi PariwisataIndonesia.id mewawancara pengamat media ditengah kesibukan dan jadwal padat terkait tv digital baru berpelat merah, Sea Today milik Telkom Group. Nama Dhoni Kusmanhadji akrab dipanggil Dhoni selain dikenal publik sebagai ‘news anchor’ di TVRI, ia juga pengamat media. Karirnya di dunia TV melesat. Dhoni bekerja sebagai praktisi, produser berita di TVRI Nasional, Televisi Republik Indonesia(TVRI).

Pria ganteng berpenampilan parlente jebolan kampus Gunadarma, sempat terpikir untuk bercita-cita sebagai rocker(musisi) namun usai menamatkan gelar sarjana Dhoni menyadari jika bakat dan kemampuan untuk itu, terbatas.

Baca Juga:  Maestro Fotografi: Sea Today Masa Depan Televisi
Baca Juga:  Pengamat: Sea Today Promosikan Indonesia ke Manca Negara, Mari Didukung

Ia berusaha realistis hingga memasuki dunia kerja formal dan menggeluti pertelevisian. Penasaran seperti apa pendidikan dan karir Dhoni yang memiliki perut six pack dan penggemar baju batik? Ini deretan karir dan pendidikan sang produser TVRI Nasional!

Karir

News anchor
TVRI
Des 2001 – Saat ini 19 tahun, Jakarta, Indonesia

View this post on Instagram

#staystrongvienna #wien #österreich

A post shared by dhoniku (@dhoniku) on

2012
Team Leader of the Indonesian press delegation (Kompas, Antara, Jakarta Post, Detik.com, TVRI), prior to, the state visit of President Susilo Bambang Yudhoyono to China. Registered as Journalist of the Presidential Palace covering state events, and International conferences

2006
Head of post production, translator and narrator of the ABU Special Jury Award winning “Tsunami on the day”

2004
TVRI – Sport presenter’s coordinator

2002
Reporter/anchor for State events and special interviews for TVRI English News Service

2004
TVRI anchors coordinator for special programs.

2003
TVRI satellite coordinator SEA Games Hanoi Vietnam

Pendidikan

ORG Hegelgasse, Vienna
1991 – 1993

International Visitor Leadership Program USA
Public Broadcasting
2009 – Saat ini

TVRI Training Center
Television Broadcasting Technology
2002 – Saat ini

University of Gunadarma
Strata 1 Business, Management, Marketing, and Related Support Services

View this post on Instagram

Hi honey

A post shared by dhoniku (@dhoniku) on

Redaksi PariwisataIndonesia.id berdiskusi panjang bersama pengamat media bernama Dhoni untuk mendapatkan sudut pandang terhadap tv digital baru yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom, PT. Metra Digital Media(MDM).

Baca Juga:  Tolong Dibantu ya, Simsalabim ProkProk Jadi Apa? Tercipta Sea Today, Horee

Dalam diskusinya Dhoni mengemukakan, TVRI tidak mungkin menganggap Sea Today sebagai saingan. Mengapa? Platform TVRI bersiaran tv digital gratis ‘free to air’ dan siaran analog memakai saluran uhf lewat antena yang dipancarkan melalui menara telekomunikasi, ‘tower’. TVRI adalah tv gratis, Sea Today adalah ‘cable tv’ atau tv berlangganan. Format kedua tv jelas berbeda.

Berikutnya lagi, secara ‘nature’ TVRI 100% adalah tv pelat merah. Tugas dan kelembagaan TVRI disebutkan dalam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 menyatakan TVRI, sebagai Lembaga Penyiaran Publik(LPP), adalah lembaga penyiaran berbentuk badan hukum yang didirikan oleh negara, bersifat independen, netral, tidak komersial, dan berfungsi memberikan layanan untuk kepentingan masyarakat.

Tidak begitu dengan Sea Today, tv ini milik Badan Usaha Milik Negara(BUMN) yang menyasar profit. Peran TVRI dipaksa oleh undang-undang dan mendapat mandat dari negara untuk menayangkan konten edukasi 30%, entertainment 30%, dan informasi 40%. TVRI harus bertindak independen. Contoh, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia(KPK) atau Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia(BPK). Lembaga ini mendapat mandat negara berdasarkan peraturan perundangan. Apakah KPK dan BPK bisa dicampuri dan tunduk melayani negara?

Baca Juga:  Satu Lagi Saluran TV Digital Hadir Warnai Jagat Pertelevisian Indonesia, Welcome Sea Today

Begitu juga TVRI, jika TVRI terkesan melayani pemerintah itu bukan melayani tapi menginformasikan ke masyarakat. Misal, ada program swab gratis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB), untuk masyarakat. Publik perlu tahu. Tapi buat tv lain bisa saja tidak seksi untuk diberitakan, TVRI harus siarkan itu.

Dhoni mengatakan TVRI pernah mengkritik pemerintah. Kritik dialamatkan untuk membangun bukan sensasi apalagi mendongkrak rating. Jika tv lain cari rating untuk memperoleh iklan agar banyak masuk, bagi TVRI utamanya bukan fokus disitu. TVRI akan melakukan yang dipandang perlu terkait apa saja yang sudah dilakukan pemerintah untuk bangsa ini.

#ayonontonseatoday, Dhoni Kusmanhadji, Kanal Berita SEA Today, Berita Sea Today, Telkom Luncurkan Saluran Berita Sea Today, Ayo Nonton Sea Today, Sea Today milik Telkom Group, PT Metra Digital Media (MDM), Televisi Republik Indonesia (TVRI), Berita Pariwisata Indonesia, Pariwisata Indonesia, Media PVK Group, Situs Pariwisata Indonesia, Sea Today Tayangan Menginspirasi, situs pariwisata, media pvk situs pariwisata terfavorit, pariwisata di indonesia, situs pariwisata indonesia paling top, situs online pariwisata indonesia, situs online wisata di indonesia, cari situs pariwisata indonesia, Pengamat Media Dhoni Kusmanhadji
Dhoni Kusmanhadji Produser Berita di TVRI Nasional | Foto: Istimewa

Sebelum berpamitan redaksi PariwisataIndonesia.id menyempatkan satu lagi pertanyaan. Bagaimana sikap Dhoni selaku produser jika diminta untuk partnership oleh Sea Today. Misal kemitraan pertukaran program, pertukaran berita, maupun kerja sama produksi?

Baca Juga:  Pengamat: Pemerintah Ingin Jelaskan tentang Indonesia ke Luar dari Versi Subjektivitas Pemerintah Via Sea Today

“Industri tv di tanah air tumbuh subur, dan TVRI bisa bekerjasama dengan siapa saja. Terbuka luas kerja sama baik itu bersifat profit atau non profit. TVRI dengan senang hati menyambut tawaran itu. Silakan, tawaran dilayangkan ke kantor. Monggo!”, ujarnya.

Mengakhiri diskusi Doni menyampaikan, “Menyambut baik diluncurkannya TV Telkom bernama Sea Today dan Layak Didukung,” Dhoni Kusmanhadji, pengamat media sekaligus produser berita TVRI Nasional, menutup diskusi panjang bersama redaksi PariwisataIndonesia.id di Jakarta, 5 November 2020.