PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Berdayakan UMKM di Bali dan NTB

ITDC selama 365 hari terakhir, telah menyalurkan dana Program Kemitraan mencapai Rp4,73 miliar kepada UMKM, yang mencakup sektor pertanian/perkebunan, peternakan, dan kerajinan, yang tersebar di sejumlah wilayah di Bali dan NTB. Simak ulasan lengkapnya!
Abdulbar M Mansoer, Presiden Direktur ITDC, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), ITDC, Alamat Perusahaan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), Dasar Hukum Pendirian ITDC, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Media PVK, Pariwisata Indonesia, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), Sejarah Pendirian ITDC, Visi dan Misi ITDC, Umi Kalsum Founder Media PVK, Susunan Direksi ITDC, Susunan Komisaris ITDC, Dewan Komisaris dan Dewan Direksii PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), VP Corporate Secretary ITDC Miranti N Rendranti
VP Corporate Secretary ITDC Miranti N. Rendranti, Foto : MI/Adam

PariwisataIndonesia.id – Artikel ini telah tayang di situs online medcom.id, pada Minggu(1/11/2020), dalam tulisannya disebutkan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, melakukan pemberdayaan potensi UMKM melalui kegiatan bisnis maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Corporate Social Responsibility (CSR).

“Sebagai BUMN, ITDC berkomitmen selalu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja kami baik melalui program PKBL maupun CSR. Kami berkomitmen selalu memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat,” tutur VP Corporate Secretary ITDC Miranti N. Rendranti.

Ia mengatakan pemberdayaan UMKM melalui program kemitraan itu merupakan salah satu wujud kontribusi ITDC dalam pengembangan ekonomi rakyat serta dukungan bagi UMKM yang merupakan sektor ekonomi penopang perekonomian nasional.

“Ini juga merupakan wujud nilai Amanah dan Loyal yang merupakan bagian AKHLAK yang menjadi core value BUMN sesuai yang telah ditetapkan Kementerian BUMN,” katanya.

Baca Juga:  Profil: PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation(ITDC)

Kegiatan PKBL yang dilaksanakan ITDC selama setahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir tersebut berupa penyerahan dana program kemitraan, pelatihan serta kegiatan CSR terkait penanggulangan covid-19 di desa-desa penyangga The Nusa Dua dan The Mandalika.

Miranti menjelaskan selama 365 hari terakhir, ITDC telah menyalurkan dana Program Kemitraan mencapai Rp4,73 miliar bagi UMKM, mencakup sektor pertanian/perkebunan, peternakan, dan kerajinan, yang tersebar di sejumlah wilayah di Bali dan NTB.

UMKM yang mendapat penyaluran dana Program Kemitraan tersebut antara lain Kelompok Petani Kopi Robusta Tugu Sari Pajahan di Desa Pajahan Tabanan Bali, Kelompok Petani Kopi Arabika di Desa Mabi Kintamani, Bangli Bali,

Kelompok Kopi Kaki Rinjani dengan produk Kopi Robusta “Telapen” di Batukliang Utara, Lombok Tengah, Kelompok Kerajinan Lampu Hias dan Bambu Purnama di Praya, Lombok Tengah, Kelompok Kerajinan Tenun Dharma Setya di Desa Sukarara, Jonggat, Lombok Tengah.

Selanjutnya, Kelompok Peternak Sapi Agro Sari Petang Badung di Desa Petang Badung Bali, Kelompok Petani Jeruk Siam dan Jeruk Katung di Kintamani Bangli, Kelompok Tenun songket Sidemen, Karangasem Bali, Tenun Aksara di Desa Gelgel, Klungkung Bali dan Tenun Songket Putri Mas Desa Pendem, Jembrana Bali.

“Melalui berbagai kegiatan PKBL dan CSR yang kami lakukan, kami berharap masyarakat semakin merasakan manfaat ekonomi dan sosial dari keberadaan BUMN khususnya ITDC di wilayah mereka,” tutup Miranti N. Rendranti.

Artikel dapat dibaca pada laman asli berjudul: “PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Berdayakan UMKM di Bali dan NTB”  dan telah tayang di medcom.id, pada Minggu(1/11/2020).