Tiket Wisata Luar Angkasa Virgin Galatic Dibanderol Rp6,4 M

PariwisataIndonesia.ID – Virgin Galactic telah membuka penjualan tiket wisata ke ruang angkasa naik pesawat suborbital bertenaga roket milik perusahaan Richard Branson – yang juga merupakan pemilik maskapai penerbangan Virgin Atlantic.

Harga tiketnya dibanderol US$450 ribu (sekitar Rp6,4 miliar) – kenaikan signifikan dari harga tiket awal yang dijual.

Berita ini muncul setelah Branson melakukan perjalanan supersonik dengan gembira dengan pesawat luar angkasa setelah lebih dari satu dekade berjanji untuk menjadi yang pertama menguji teknologi tersebut, dan perusahaannya sekarang mengatakan siap untuk memulai operasi komersial pada tahun 2022.

Virgin Galactic menawarkan tiga paket wisata luar angkasa: reservasi satu kursi (yang akan dimulai dari US$450 ribu), reservasi multi-kursi untuk keluarga dan teman, dan opsi untuk membeli keenam kursi pada penerbangan “premium sederhana,” CEO Michael Colglazier mengatakan pada Kamis (5/8), seperti yang dikutip dari CNN Business.

Sementara itu, kursi untuk “penelitian dan pelatihan astronot profesional” akan dihargai masing-masing US$600 ribu (sekitar Rp8,6 miliar), katanya.

Tiket akan ditawarkan terlebih dahulu kepada “pendaftar awal”, atau orang-orang yang bergabung dengan apa yang disebut “Spacefarer Community (Komunitas Spacefarer)” perusahaan, yang telah menyetorkan deposit US$1.000 (sekitar Rp14,3 juta) dalam beberapa bulan terakhir.

Sekitar 1.000 orang telah memberikan deposit tersebut, menurut Aleanna Crane, wakil presiden komunikasi Virgin Galactic. Perusahaan mengungkapkan pada Kamis bahwa lebih dari 125 ribu orang dari 190 negara telah berdonasi.