Belajar Budaya Sunda di Desa Wisata Bantar Karet

PariwisataIndonesia.id – Tren berwisata alam memang menjadi pilihan baru di kalangan masyarakat. Selain karena tempatnya yang lebih terbuka, pemandangan alam yang mempesona dirasa bisa menjadi obat kala kejenuhan sudah mendera.

Tidak jauh dari Jakarta, ada Desa Wisata Bantar Karet yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat, yang bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif wisata setelah kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilonggarkan. Tidak hanya menawarkan pesona alamnya, di tempat ini juga menawarkan pesona wisata kebudayaan.

Ketua Desa Wisata Bantar Karet, Yoseph menjelaskan, wisata kebudayaan menjadi salah satu andalan, selain keindahan Curug Love yang belakangan viral di sosial media. Jelas saja, yang ditawarkan adalah wisata budaya Suku Sunda, yang belakangan sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak muda.

Jika berminat belajar tentang kebudayaan, wisatawan bisa datang ke sanggar yang berada di Desa Nanggung. Di sanggar itu, wisatawan bisa melihat wayang golek, gamelan yang berusia ratusan tahun, hingga para pelatih tarian jaipong khas masyarakat Jawa Barat.

Dengan dibuatnya sanggar tersebut, kini banyak anak-anak muda berduyun-duyun datang untuk belajar bersama tentang kesenian. Selain itu, wisatawan yang hadir juga bisa melihat bahkan belajar bersama.

“Sanggar juga sering pertunjukan seminggu sekali. Hampir setiap minggu ada penampilan wayang golek dan jaipongan,” kata Yoseph yang dilansir dari Validnews, Kamis (29/7).

Agar semakin dikenal masyarakat luas, kini menurut Yoseph anak-anak juga turut berlatih di alun-alun desa wisata. Dengan semakin dilihat banyak orang, Yoseph berharap akan semakin banyak anak-anak muda yang mau bergabung dan berlatih bersama.

“Akhirnya anak-anak muda di sini jadi rajin latihan nari. Akhirnya masuk nih jadi budayanya dapat dilestarikan dan ekonominya mulai bergerak,” ujarnya.

Ke depan, Yoseph akan membuat inovasi yaitu membuat paket wisata kebudayaan bagi para wisatawan. Jadi, setiap wisatawan yang datang ke Desa Wisata Bantar Karet tidak hanya menikmati keindahan alamnya tapi juga sedikit belajar tentang kebudayaan suku Sunda.