3 Museum Bersejarah di Jabar, No 1 Jadi Saksi Bisu Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan di Sukabumi

Pariwisata-Indonesia-Foto-Museum Palagan Bojong Kokosan, 3 Museum Bersejarah di Jawa Barat Jadi Saksi Perjuangan Pejuang Kemerdekaan, Museum Palagan Bojong Kokosan, Museum Telaga Manggung, Museum Zoologi Bogor
Monumen ini berdiri tegak sampai sekarang untuk mengenang peristiwsa Palagan Perjuangan Bojongkokosan, yang ada di salah satu sudut Museum Palagan Bojong Kokosan. (Foto: Media PI/Dokumen Pribadi)

Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah terkenal dengan tempat bersejarahnya, bahkan jauh sebelum bangsa ini merdeka. Untuk itu, provinsi ini pantas mendapatkan julukan sebagai bagian dari perjalanan panjang sejarah Indonesia yang masih berdiri kokoh sampai sekarang, khususnya sebagai dokumentasi sejarah penting bagi pendidikan generasi penerus.

Berikut tempat bersejarah di Jabar yang dirangkum PariwisataIndonesia.id dari berbagai sumber:

1. Museum Palagan Bojong Kokosan

Untuk mengawalinya, museum satu ini memang jadi kebanggaan masyarakat Kota Sukabumi, yang didirikan guna menghormati jasa para pejuang dalam melawan tentara Inggris dan sekutu.

PaiwisataIndonesia.id mencatat, pertempuran pertama terjadi pada tanggal 9 hingga 12 Desember 1945, dan menelan korban yang tentu tidak sedikit.

Pertempuran II terjadi tanggal 10 sampai 14 Maret 1946, pada peperangan yang kali ini menimbulkan banyak korban di kedua belah pihak.

Di balik peristiwa Bojongkokosan, juga memicu terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api, persisnya pada 24 Maret 1946, yang terletak di jalan Siliwangi no 75, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Sukabumi, Jabar. Sebab itu, untuk mengenang hal tersebut di tempat inilah didirikan Museum Palagan Bojong Kokosan.

Dalam menggambarkan penampakan Museum Palagan Bojong Kokosan yang sempurna, berikut satu tayangan menarik dari video di YouTube Moka Kab. Sukabumi.

Di mana, Teh Alvi yang merupakan Calon Duta Wisata Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2021 tengah mempromosikan salah satu potensi wisata Museum Palagan Bojong Kokosan.

Sebelum nonton, jangan lupa untuk klik lonceng, subscribe dan like-nya, yuk kita simak video keren satu ini!

2. Museum Telaga Manggung

Berikutnya Museum Telaga Manggung, juga terkenal banyak menyimpan bukti sejarah Kerajaan Telaga Manggung. Museum ini dikelompokkan dalam 3 ruangan yang terpisah satu sama lain. Untuk ruang pertamanya, terdapat silsilah raja dan keluarga Talaga Manggung.

Sementara pada ruang kedua dan ruang berikutnya, lokasinya itu terletak di sisi kanan dan kiri yang banyak menampilkan benda-benda bersejarah sisa peninggalan Kerajaan Talaga Manggung, antara lain gamelan, senjata-senjata yang digunakan kala itu, termasuk baju perang, meriam dan lainnya. Tak terkecuali benda-benda keramik yang masih bisa diselamatkan, juga terlihat di museum ini.

Pada bagian utama bangunan Museum Talaga Mangung, selain dipergunakan jadi ruang pamer benda-benda peninggalan Kerajaan Talaga, ada kalanya pula juga berfungsi sebagai tempat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan Talaga, dan tempat tersebut dinamakan Bale Sawala Agung.

Di tempat ini, jangan dilewatkan pula kesempatan untuk menyaksikan dua buah batu, yaitu lingga yoni dan batu palungguhan raja ratu talaga, maupun yang di samping halaman belakang ruang pamer Museum Talaga Manggung, juga terdapat leuit kemendeti dan beberapa bangunan adat khas talaga.

Anda yang tertarik ingin menyaksikan scara langsung saksi perjuangan pejuang kemerdekaan yang ada di Jabar, silakan mengunjungi Museum Telaga Manggung yang terletak di Jl. Talaga Majalengka No. 1, Talagawetan, Talaga, Talagawetan, Kec. Talaga, Kabupaten Majalengka, Jabar.

Untuk memperoleh gambaran visual Museum Telaga Manggung seutuhnya, berikut satu rujukan video persembahan Tika Puspita Sariningsih yang diunggah, pada Senin, 24 Mei 2021 di YouTube pribadinya, katanya hal tersebut guna memenuhi tugas akhir dalam mata kuliah Bahasa dan Sejarah Daerah.

Sebelum nonton, jangan lupa untuk klik lonceng, subscribe dan like-nya, yuk kita simak video milik Tika ini, Sob!

3. Museum Zoologi Bogor

Lokasi museum terakhir ini memang menyuguhkan sensasi berbeda dari dua sebelumnya, meski begitu tak kalah istimewanya loh!

Museum Zoologi Bogor terletak di Jalan Ir. H Juanda No. 9, Bogor Tengah, Jawa Barat, yang terbuka buat umum dan jam operasionalnya setiap hari, dimulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB. Namun, khusus Jumat waktunya terbatas, karena pukul: 11.00 WIB, kabarnya ditutup.

Untuk bisa menikmati Museum Zoologi Bogor, harga tiket masuknya cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000/orang.

Di tempat ini, Anda akan menemukan kerangka hewan dari zaman prasejarah dan hewan asli Indonesia baik yang sudah punah maupun yang masih hidup.

Termasuk beragam hewan lainnya seperti serangga, reptil, burung, badak bercula satu, bahkan ada kerangka ikan paus yang besar dan panjang, dan masih banyak lainnya yang juga telah diawetkan di Museum Zoologi Bogor ini.

Dari tiga rekomendasi tempat wisata sejarah di Jabar tersebut, mana nih pilihan yang paling sreg di hati mengisi liburan akhir pekan Anda, Sob?

Oh, ya selain 3 museum bersejarah yang baru saja diulas PariwisataIndonesia.id, masih ada juga loh museum lain yang tak kalah menariknya, di kesempatan lain akan diulas kok, sabar yaaa!

Sebagai penutup, selepas menikmati wisata sejarah di Jawa Barat ini, jangan lupa untuk share keseruan cerita liburan Anda dengan turut berbagi pengalaman kepada pembaca setia www.pariwisataindonesia.id melalui instagram @pariwisataindonesiaofficial, yuk sematkan tagar #pariwisataindonesiaofficial, ya! (Rizky)

× Hubungi kami