Tradisi Pernikahan Lombok

Culik Dulu Baru Sah!
pariwisata indonesia

Menculik seseorang tentunya dilarang dan jika melakukannya maka itu termasuk melanggar hukum di negeri ini. Hal ini tidak berlaku bagi suku sasak di Lombok, tradisi menculik anak gadis orang untuk dinikahi masih sering dilakukan dan dilestarikan hingga saat ini.

Jika seorang pria mencintai wanita berbagai cara dilakukan untuk mengungkapkan rasa cinta tersebut, seperti mengirim bunga, mengirim pesan chatingan, mengirim hadiah. Berbeda halnya dengan cara pria suku sasak Nusa Tenggara Barat ini untuk menyatakan cintanya, pria suku sasak ini akan menyatakan cintanya dengan cara menculik wanita yang ia cintai, ini adalah salah satu ungkapan rasa cinta dari pria suku sasak.

Pariwisata Indonesia

Jika ada wanita yang disukai dari pria suku sasak maka ia akan menculik wanita tersebut, setelah diculik wanita akan dibawa kerumah keluarga pria, lalu pihak dari keluarga pria akan menghubungi pihak keluarga wanita untuj memberitahu bahwa ingin meminang anak perempuannya, setelah kedua belah pihak setuju pernikahan pun akan dilaksanan. Seperti ungkapan dari akun instagram @raisamaulida (Tradisi Kawin Culik di Suku Sasak )

”Satu lagi tradisi yg unik disini nih guys, kalo ada wanita yang disukai oleh salah satu pria di suku Sasak dan mau melangsungkan pernikahan, maka sang pria harus menculik wanita tersebut. Setelah diculik, wanita akan dibawa ke rumah keluarga si pria. Penculikan ini dilakukan di malam hari dan tanpa sepengetahuan keluarga si wanita (ngeri juga). Setelah beberapa malam, keluarga kerabat pria akan mengirimkan utusan untuk memberitahukan kepada keluarga pihak wanita bahwa anak gadisnya telah diculik. Baru deh nikah…”

Konon pada zaman dahulu ada seorang putri cantik jelita yang banyak dikagumi oleh kalangan pemuda saat itu, lalu raja memberi tantangan bagi siapa saja yang bisa menculik putrinya, jika tantangan terpenuhi maka orang tersebut akan dinikahkan dengan putri tersebut. Nah mitos inilah yang percayai secara turun temurun dari Suku Sasak ini sobat pariwisata.

Bagaimana, ada yang mau di culik oleh pria Suku Sasak ? Hehe, yang masih jomblo boleh di coba nih.(Trippers.id)