Ada Dinosaurus di Gunung Lawu!

Foto: youtube.com

Menonton film Jurassic Park tentu membuat kita berandai-andai bisa bertemu dinosaurus secara langsung sma seperti yang terjadi pada aktor pada film tersebut. Kita mungkin berpikir kalaupun ada wahana liburan yang menyajikan pengalaman bertemu dinosaurus, tentu itu hanya akan ada di luar negeri bukannya di Indonesia.

Eits, jangan pesimis dulu, berarti kamu belum tahu dengan salah satu objek wisata yang satu ini. Mojosemi Forest Park atau juga dikenal Mojosemi Dinosaur Park. Objek wisata ini berada di Kabupaten Magetan tepatnya di kaki Gunung Lawu.

Melansir dari Kompas, Mojosemi Dinosaurus Park dibagi menjadi tiga area yaitu Taman Dino, Dino Hunter, dan Dino Show. Tempat wisata tersebut memiliki sejumlah dinosaurus dari berbagai macam spesies yang bergerak dan tersebar di tiga area tersebut. Para dinosaurus yang bergerak adalah robot yang memiliki sensor, serta kostum yang digunakan para staf tempat wisata. Saat berada di Mojosemi Dinosaurus Park, wisatawan tidak hanya akan melihat para dinosaurus berdiam diri di beberapa spot tertentu dan bergerak karena ada sensor.

Namun beberapa juga akan berjalan-jalan sambil menyapa pengunjung. Meski begitu, hal ini hanya terjadi jika Dino Show tidak ada. Para dinosaurus akan dikeluarkan dari sana supaya pengunjung tidak kecewa.

“Untuk sapa pengunjung supaya enggak kecewa. Kasian kalau (sudah datang) tapi tidak ada Dino Show. Mau foto, interaksi, boleh. Mereka (dinosaurus) bisa berinteraksi,” kata Vivid.

Foto: Kompas.com

Kendati para dinosaurus yang menghiasi area wisata yang dikelilingi oleh hutan pinus dihadirkan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak, terlebih dalam Dino Show, namun sejauh ini menurut Vivid yang lebih tertarik untuk melihatnya justru orang dewasa. Hal ini lantaran Dino Show menyajikan pertunjukkan seperti dongeng tentang manusia purba, manusia serigala, dan dinosaurus yang berkaitan dengan persahabatan.

Selain Dino Show, wisatawan juga bisa jalan-jalan ke area Taman Dino untuk berswafoto ria atau berinteraksi dengan para dinosaurus yang ada di sana. Para dinosaurus di Taman Dino akan langsung menyambut para pengunjung dari semak-semak dan dari balik pepohonan rindang.

“Wisatawan bisa foto di semua spot foto, gratis. Spot foto ada replika dinosaurus, tulang-tulang kerangka dinosaurus. Semua dinosaurus bisa buat foto,” tutur Vivid.

Kendati sebagian besar dinosaurus adalah robot dan bergerak menggunakan sensor, namun Vivid mengatakan bahwa terkadang pihaknya membuat rencana untuk mengagetkan pengunjung. Adapun, mereka akan mengajak beberapa aktor dalam Dino Show untuk bersembunyi di suatu spot tidak menentu dalam Taman Dino.

“(Mereka) sembunyi di rerumputan untuk tiba-tiba nge-prank. Tapi di spot tertentu yang enggak menentu. Kalau kebanyakan (spot) kasihan nanti pengunjung jantungan semua,” jelasnya. Selain itu, ada juga Warung Purba—restoran yang mengusung konsep zaman purba yang memiliki desain bak bangunan zaman dahulu kala.

Foto: yukpigi.com

Di sana, wisatawan bisa berfoto-foto sambil menikmati hidangan yang disajikan di atas piring dari kayu atau batu. Namun jika ingin merasakan ketegangan seperti sedang dikejar oleh dinosaurus dalam Jurassic Park, wisatawan bisa coba masuk ke area Dino Hunter.

“Dino Hunter kita berburu. Dia area Jeep, beda sama area yang buat jalan kaki karena offroad. Dino Hunter perburuan, dinosaurus bisa ngejar. Jadi kayak permainan perang, cuma ini berburu dinosaurus” ucap Vivid. Jika merasa lapar saat berada di Mojosemi Dinosaurus Park, Vivid mengatakan bahwa pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan harga menu karena harganya mulai dari Rp 10.000-an.

Sebelum tiga area wisata dibuka, Vivid menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan pembersihan termasuk menyemprotkan disinfektan. Seluruh dinosaurus yang ada di sana pun juga dilakukan pembersihan sesuai standar protokol kesehatan yang telah diterapkan agar aman saat berinteraksi dengan pengunjung. Tidak hanya itu, pada jam-jam tertentu saat sedang sepi pengunjung, pihaknya juga akan menyemprotkan disinfektan pada area tempat wisata. Untuk Dino Show, pihak tempat wisata juga mengatur alur penonton dan alur berfoto dengan para dinosaurus.

Foto: youtube.com

“Kalau pertunjukan selesai, untuk cegah kerumunan untuk foto, kami pakai hitungan kursi. Kita ada lima dinosaurus di tempat yang berbeda. Nanti kita hitung misal kursi 1-10 foto duluan, baru selanjutnya,” katanya. Pihak tempat wisata berlakukan reservasi untuk Dino Show agar pengunjung duduk sesuai nomor yang diterima dan tidak rebutan. Kendati demikian, jika ada kursi yang kosong, mereka akan menjualnya langsung di lokasi sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia.

Mojosemi Dinosaurus Park berlokasi di Jalan Raya Sarangan, Cemorosewu KM 5, Kali Jumok, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Tempat wisata tersebut buka setiap hari mulai pukul 08:30-16:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 untuk anak-anak pada hari biasa dan Rp 20.000 untuk orang dewasa pada hari biasa. Sementara pada akhir pekan, harga tiketnya adalah Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk orang dewasa. Harga tersebut adalah harga tiket masuk Mojosemi Forest Park yang sudah termasuk untuk area dinosaurus.